Perangkat Apa Saja yang Anda Perlukan untuk Membangun Rumah Pintar?

Perangkat Apa Saja yang Anda Perlukan untuk Membangun Rumah Pintar?

Manfaatkan internet sebaik mungkin untuk menambah cuan. Foto : Antara--

Baru-baru ini, banyak masyarakat Indonesia memiliki keinginan untuk mengubah rumah biasa mereka menjadi rumah pintar. Keinginan ini cukup beralasan, sebab penggunaan internet di tanah air menjadi kian marak yang didukung oleh banyaknya perusahaan penyedia jaringan internet murah dan berkecepatan stabil. Rumah pintar kini sudah menjadi dambaan sebagian orang yang dianggap mampu mempermudah tugas sehari-hari mereka di rumah.

Tentunya rumah pintar dibangun dengan pemasangan berbagai perangkat elektronik baru yang selalu mengandalkan jaringan Wifi di rumah Anda. Karena itu, untuk perlu memastikan jaringan internet yang stabil di rumah Anda sebelum menghubungkan perangkat-perangkat pintar itu ke jaringan Wifi Anda. Anda dapat menggunakan IP Saya, sebuah tool efektif dan gratis untuk mengecek informasi yang terkait dengan jaringan internet di rumah Anda secara online. 

Menariknya saat ini, banyak perangkat elektronik pintar sudah tersedia dengan harga yang murah. Karena itu, tak ada salahnya jika Anda sekarang memutuskan untuk mengubah rumah biasa Anda menjadi rumah pintar yang super canggih.  

 Nah, lalu apa saja perangkat yang dibutuhkan untuk membangun rumah pintar (smart home)? Berikut ini penjelasannya:

  1. Untuk keperluan hiburan

Gadget pintar yang terkait dengan musik dan TV dapat dianggap sebagai titik mulai yang paling populer di Indonesia. Ya, Anda bisa mengganti TV biasa Anda dengan TV pintar dengan bantuan aplikasi Google Chromecast atau Apple TV. Harganya di pasaran terlihat semakin terjangkau.  Selain TV pintar, Anda juga bisa membeli speaker Wifi yang tentu bisa dikontrol melalui sebuah aplikasi. 

Oh iya, Anda juga bisa kok menyulap TV biasa Anda menjadi Smart TV (TV pintar) hanya dengan membeli set box Smart TV yang banyak tersedia di toko online di Indonesia. Harganya juga cukup ramah di kantong.  

  1. Untuk keperluan rumah tangga umum

Kulkas, oven, mesin cuci, dan bahkan rice cooker dan microwave kini bisa Anda hubungkan dengan jaringan Wifi di rumah Anda. Dengan aplikasi yang bisa diunduh gratis, Anda bisa mengontrol perlengkapan rumah tangga ini dari jarak jauh. Bahkan beberapa kulkas pintar sudah didesain dengan layar sentuh di depannya dan mencakup kamera internet untuk menjawab pertanyaan seputar isi yang tersedia di dalam kulkas.  

Tidak hanya  itu, saat ini sudah banyak steker pintar tersedia di berbagai marketplace di Indonesia dengan harga yang bervariasi. Dengan steker ini, Anda bisa memberikan perintah lewat ponsel Anda, misalnya saat Anda menyetrika, dimana steker ini bisa menyala dan mati sesuai perintah Anda. 

  1. Untuk keperluan pencahayan dan kontrol suhu

Selain itu untuk pencahayaan di ruang rumah Anda, Anda bisa menggunakan bohlam lampu. Lampu pintar ini juga bisa dikontrol lewat ponsel pintar Anda. Anda juga bahkan bisa mengontrol kecerahan warna lampu sesuai yang Anda inginkan. 

Untuk menambah rumah pintar Anda menjadi semakin menarik, Anda bisa menambahkan perangkat pengontrol suhu untuk ruang rumah Anda. Meskipun kurang populer di Indonesia, namun pengontrol suhu ini bisa Anda pertimbangkan terutama saat cuaca di Indonesia sulit untuk diprediksi. 

  1. Untuk keperluan pengamanan rumah

Tentunya Anda sudah mengetahui bahwa kamera pintar akan terhubung dengan jaringan Wifi di rumah Anda dan dapat dikontrol melalui aplikasi atau bahkan suara. Ya, jika Anda ingin membangun rumah pintar, maka tak ada salahnya Anda memasang kunci pintar di rumah Anda. Dengan perangkat ini, Anda bisa melihat siapa yang berada di depan pintu  dan membukanya tanpa perlu Anda bangkit dari tempat duduk  Anda.

Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan untuk memiliki perangkat-perangkat pintar lainnya demi keamanan rumah Anda, seperti sensor intrusi pada jendela dan pintu, detektor gerakan, dan banyak lagi. 

Ini tentu akan memberikan ketenangan yang lebih besar buat hidup Anda dan keluarga Anda.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: