5 Cara Menghentikan Apps Mengumpulkan Data Pribadi Anda

5 Cara Menghentikan Apps Mengumpulkan Data Pribadi Anda

Waspada Bahaya Pishing, Bisa Curi Data Hingga Uang Lewat Internet-Niagahoster-

Apakah Anda merasa tidak masalah dengan apps yang mengumpulkan atau membagikan data pribadi Anda? Menurut sebuah survei yang dilakukan baru-baru ini, mungkin tidak. Dari lima responden yang ditanya, empat orang ternyata merasa keberatan dan mereka tidak ingin data pribadi mereka dihimpun atau dibagikan tanpa izin mereka. 

Para pengguna tentu mengunduh aplikasi-aplikasi ini di Google Play Store, dan hampir semuanya akan berusaha menghimpun informasi seperti info kontak, riwayat pencarian, data-data keuangan dan pembelian, lokasi, riwayat pendidikan, nomor ponsel atau email yang masih aktif dan banyak lagi. Dan saat ini, tidak hanya di Indonesia, sudah banyak aplikasi terutama yang terkait dengan dunia fintech dan keuangan selalu menanyakan data-data finansial Anda yang cukup sensitif. 

Namun seperti yang tercermin pada hasil survei di atas, hampir semua merasa keberatan jika aplikasi-aplikasi ini mengumpulkan berbagai data pribadi mereka. Jika begitu, alangkah lebih baik jika mereka memilih aplikasi yang tidak meminta data-data pribadi Anda, salah satunya adalah GBWhatsApp, suatu aplikasi menarik yang cocok bagi para pesan teks.  

Faktanya adalah saat Anda menggunakan sebuah browser untuk berselancar di dunia maya, maka browser ini ternyata bisa melacak setiap langkah online Anda. Apakah melalui cookies atau sidik jari browser, para perusahaan pengiklan akan tetap dapat melacak pembelian dan riwayat pencarian online Anda. Misalnya saja, saat Anda memilih produk favorit di suatu marketplace lokal, maka produk-produk serupa akan bisa muncul secara otomatis di iklan media sosial Anda. 

Benar, Anda bisa saja menghapus cookies Anda dengan segera, namun ancaman yang lebih besar untuk privasi online adalah ternyata sidik jari browser. Sidik jari browser Anda dapat berisikan tipe dan versi browser Anda, sistem operasi, plug-ins, zona waktu, bahasa,  dan bahkan resolusi layar dan font-font yang terinstal, dan banyak lagi. 

Karena itu, tentu tak mengherankan jika terkadang Anda ingin sekali menghentikan apps yang Anda pakai, untuk tidak lagi bisa mengumpulkan berbagai data pribadi Anda. Lalu bagaimana caranya? 

Berikut ini 5 (lima) cara yang bisa Anda terapkan untuk tujuan itu:

  1. Gunakan browser privat (bersifat pribadi)

Tentu saja untuk mencegah atau mengurangi resiko Anda untuk dilacak, maka mulailah dengan menggunakan browser privat. Browser-browser seperti Safari Apple dan Microsoft Edge merupakan kedua opsi dengan rating yang cukup tinggi dari EFF.

  1. Gunakan plug-in untuk menghindarkan pelacakan

Jika Anda tidak bisa berhenti menggunakan browser populer seperti Chrome yang tidak menawarkan banyak untuk perlindungan pelacakan, maka gunakan plug-in yang mampu menjauhkan Anda dari pelacakan. Misalnya saja seperti Decentraleyes, DuckDuckGo, Privacy Badger, dan banyak lagi. 

  1. Pilih apps yang tidak menanyakan data Anda saat pertama kali

Salah satu cara yang dianggap cukup ampuh untuk menghentikan apps menghimpun data pribadi Anda adalah dengan menggunakan aplikasi yang tidak menanyakan informasi Anda saat pertama kali Anda menggunakannya. 

Misalnya aja, aplikasi Youtube kids merupakan situs yang aman bagi anak-anak kecil, namun ternyata itu mencoba menghimpun data, terutama pada kategori lokasi dan riwayat pencarian. Sebagai gantinya, Anda bisa mengunduh Disney Coloring World dan Duolingo ABC karena dianggap tidak menghimpun banyak informasi dari para penggunanya.  

  1. Untuk penggunaan sistem operasi IOS, silakan atur privasi

Jika perangkat Anda menggunakan IOS, maka silahkan buka saja pengaturan (setting) dan lalu privasi. Maka Anda, akan melihat daftar hal yang Anda berikan izin, seperti kontak, mikrofon, dll. Klik pada masing-masing ini untuk melihat aplikasi manakah yang mengakses fitur ini. Lalu Anda bisa menolak izin kepada aplikasi dengan menggerakkan slider ke posisi off. 

  1. Untuk penggunaan sistem operasi Android, silakan buka Aplikasi dimaksud

 Pada sistem operasi Android, maka Anda cukup buka bagian setting (pengaturan), lalu Apps dan Notifikasi. Klik pada setiap apps dan lalu pilih ‘Izin’ untuk melihat apps manakah yang sedang mengakses data Anda. Lalu ketuk ‘Izin’ dan pilih opsi Anda menolak akses tersebut.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: