Memburu Beasiswa untuk Kuliah? Inilah 10 yang Bisa Dibidik

Memburu Beasiswa untuk Kuliah? Inilah 10 yang Bisa Dibidik

Afdlolul Afrozzy S--

Halo pemburu beasiswa! Jika masih bersemangat mencari beasiswa sejak tahun pertama, lima atau enam beasiswa sekaligus bisa didapatkan lho! Inilah peluang mendapatkan beasiswa itu.

 

Ada banyak beasiswa populer untuk mahasiswa. Jika pemburu beasiswa telaten mendapatkannya, bukan mustahil beberapa sumber diraih dalam sekali masa kuliah. Coba simak yang berikut ini. Barangkali Anda akan beruntung menjadi perimanya.

 

1. Beasiswa Kuliah KIP  

Program Beasiswa Kuliah KIP, dahulu Bidikmisi merupakan salah satu beasiswa S1 yang rutin ditawarkan pemerintah kepada mahasiswa baru. Ditujukan untuk lulusan SMA dari keluarga kurang mampu yang berminat untuk meraih gelar sarjana. Ada beberapa beasiswa KIP Kuliah setiap tahun. Pada 2022, sekitar 185 ribu siswa dan mungkin lebih. Jika memenuhi syarat dan mencoba mendapatkan beasiswa pelajar ini untuk 2023-2024 ada baiknya mempertimbangkannya sekarang. Beasiswa KIP Kuliah biasanya mencakup biaya kuliah, biaya hidup, dan kebutuhan pendidikan lainnya. Perkuliahan KIP biasanya diselenggarakan pada Februari atau pada awal tahun ajaran baru.

 

2.  Amgen Scholars Scholarship

Amgen Scholars Scholarship adalah beasiswa untuk mahasiswa sarjana. Selain fakta bahwa mahasiswa yang belajar di luar negeri dapat mengajukan beasiswa ini, mahasiswa sarjana dalam negeri bisa mendaftar. Beasiswa dibuka kembali pada 2023 ini. Beasiswa Amgen Scholars rutin dibuka setiap tahun dan salah satu pelamar dari Indonesia ditunjuk untuk beasiswa ini. Jika terpilih, penerima akan mengikuti pelatihan penelitian singkat di beberapa negara Asia, seperti Singapura, Jepang, dan Tiongkok, di universitas terkemuka di Asia. Amgen Scholars menangani kebutuhan perumahan, biaya perjalanan, dan perumahan.

 

3. Beasiswa Tanoto Foundation

Peluang beasiswa pelajar lainnya 2023-2024 berasal dari Tanoto Foundation. Program beasiswa ini ditawarkan secara berkala. Pelamar harus mahasiswa universitas mitra Tanoto Foundation. Ada beberapa universitas di Indonesia. Selain itu ada hibah ikatan dinas khusus S1. Hibah ditentukan dalam bentuk biaya kuliah semester dan biaya hidup. Pemberitahuan biasanya ada pada pertengahan Agustus.

 

4. Beasiswa S1 Laut 

Beasiswa pelajar adalah beasiswa sarjana yang ditawarkan kepada mahasiswa baru dan mahasiswa yang telah diterima di perguruan tinggi, serta mahasiswa yang sudah berada di semester terakhir. Dukungan ini telah ditawarkan secara rutin selama beberapa tahun sebelumnya dan tidak mengecualikan pembukaan kembali pada 2023. Untuk penerima beasiswa yang baru memulai tahun pertama di universitas yang menerima biaya kuliah 1-8 atau selama 4 tahun. Manfaat lainnya termasuk biaya hidup bulanan, kesempatan magang di perusahaan maritim seperti Garena, Shopee, dan Airpay, serta tersedia sumbangan laptop perangkat lunak pengembangan. 

 

5.  Etos ID

Beasiswa matrikulasi Etos ID diperuntukkan bagi lulusan SMA/sederajat. Menjangkau perguruan tinggi melalui jalur normal SNMPTN, SBMPTN dan UM. Kesempatan ini cocok bagi mereka yang mendambakan beasiswa sarjana 2023-2024. Selain dukungan studi delapan semester (4tahun), beasiswa yang dikelola Dompet Dhuafa ini memberikan uang saku, akomodasi mahasiswa selama tiga tahun, biaya kuliah selama empat tahun (program sebagai persiapan pasca-kampus di tahun keempat), dan membantu menutupi biaya penelitian tesis. Jugan mendukung prestasi di dalam dan luar negeri serta pembuatan paspor. Pendaftaran biasanya dibuka pada Januari.

 

6. Beasiswa PPA dan BPP PPA 

Pemerintah memberikan Hibah Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Pendidikan Peningkatan Hasil Akademik (BPP-PPA). Beasiswa PPA dan BPP PPA diperuntukan bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S2 atau S1 di perguruan tinggi negeri dan swasta di Tanah Air. Penerima beasiswa mendapatkan Rp 350 ribu per bulan. Dialokasikan kepada mahasiswa berdasarkan tahun anggaran berjalan dan disalurkan secara aktif pertama kali dalam waktu minimal 6 bulan. Pendaftaran biasanya dibuka di setiap kampus. 

 

7.  Wardah Scholarship

Wardah Scholarship atau Beasiswa Wardah menawarkan beasiswa kepada mahasiswa sarjana dari beberapa universitas di Indonesia. Beasiswa ini terbuka untuk mahasiswa semester dua atau tiga program S1/D4 Penerima beasiswa menerima tunjangan pendidikan bulanan, yang disalurkan hingga maksimal semester delapan. Selain itu, telah menyelesaikan berbagai pelatihan pengembangan diri dan manajemen. Ditawarkan juga Beasiswa Pemberdayaan. Beasiswa S1 Wardah ini diperuntukkan bagi mahasiswa semester 3 dengan IPK yang baik agar sarjana menerima dukungan pendidikan.

 

8. Beasiswa Pelajar Mizan 

Beasiswa Mizan juga merupakan beasiswa pelajar yang diberikan rutin. Secara khusus, beasiswa ini ditujukan bagi mereka yang sedang mempersiapkan diri untuk menyelesaikan tesis atau disertasi. Beasiswa tesis diberikan dalam bentuk beasiswa penelitian. Menariknya, karya tulis yang sudah selesai akan diterbitkan. Beasiswa Mizan biasanya dibuka pada bulan Maret. 

 

9. Beasiswa Berprestasi Masyarakat  

Beasiswa Berprestasi Masyarakat adalah beasiswa berprestasi yang ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Beasiswa ini tidak hanya untuk mahasiswa. Tapi juga untuk mereka yang sudah aktif belajar. Hibah dapat berupa biaya kuliah, biaya hidup atau biaya buku. Beasiswa Unggul Masyarakat Luar Biasa merupakan salah satu beasiswa pemerintah yang rutin ditawarkan kepada masyarakat umum. Salah satu aspek terpenting dari beasiswa ini adalah prestasi akademik dan prestasi lainnya hingga saat ini. 

 

10. Beasiswa Mahaghora 

Beasiswa Mahaghora merupakan salah satu beasiswa mahasiswa yang ditawarkan secara rutin setiap tahun. Beasiswa ditujukan untuk lulusan SMA/SMK dan sederajat. Serta siswa SMA/sederajat  kelas 12 yang tidak dapat melanjutkan studi ke jenjang S1 atau DIV. Beasiswa Mahaghora mencakup biaya kuliah dari semester 1 hingga maksimal semester 8, serta biaya kuliah. Jika Anda berasal dari keluarga kurang mampu dan terdaftar untuk melanjutkan studi, Anda dapat dipertimbangkan untuk mendapatkan beasiswa Mahaghora. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: beasiswapascasarjana.com