Google Luncurkan Fitur Partial Custom Tab, Tidak Perlu Lagi Bolak-Balik Pindah App

Google Luncurkan Fitur Partial Custom Tab, Tidak Perlu Lagi Bolak-Balik Pindah App

Ilustrasi halaman depan Google-Sarah Blocksidge-pexels.com

HARIAN DISWAY - Usai kembangkan fitur Privacy Sandbox, Google meluncurkan fitur teranyar mereka yang memungkinkan aplikasi peramban bawaan (In-app Browser) bekerja lebih baik di perangkat Android.

Dilansir dari TechCrunch, agar sistem operasi in-app browser perangkat Android berjalan lebih lancar, Google meluncurkan fitur-fitur terbaru seperti partial custom tab dan auto-filling password.

Fitur partial custom tab memungkinkan pengguna untuk mengatur ukuran tab yang sedang dibuka. Pengguna dapat membuka tab hanya separuh saja ketika pengguna mengklik sebuah tautan artikel, misalnya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk berpindah dari aplikasi ke in-app browser secara bersamaan.

Bayangkan jika Anda adalah seorang multitasker yang mengharuskan mengerjakan dua atau lebih kegiatan dalam waktu yang bersamaan. Contohnya jika Anda seorang pemilik toko online, ketika Anda sedang berinteraksi dengan pelanggan di aplikasi perpesanan dan harus membuka in-app browser untuk mencari data di internet, fitur partial custom tab ini bisa membantu Anda tanpa harus keluar dari aplikasi perpesanan tadi. 

Fitur partial custom tab ini sekiranya mirip dengan fitur split screen pada perangkat ponsel pintar kebanyakan.

Dalam unggahan blognya, Google mengatakan fitur partial custom tab ini dapat digunakan pada aplikasi peramban terpilih, salah satunya Chrome.

Google juga meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk input password alias kata sandi beserta detail lain yang tersimpan tanpa harus keluar dari aplikasi. Hal ini memudahkan pengguna ketika sebuah aplikasi memiliki fitur login popup aplikasi peramban bawaan. 

Jika Anda memiliki banyak akun dan password, besar kemungkinan Anda lupa dengan detail-detail tersebut. Opsi yang bisa Anda pilih adalah menyimpan detil akun dan password di aplikasi notes lalu kembali ke laman di mana Anda harus memasukkan detail login.

Dengan adanya fitur auto-filling password, Anda tidak perlu repot bolak-balik pindah aplikasi hanya untuk mengisi kolom password. (Radinka Daynara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: