Pak Lurah Ingin Khofifah

Pak Lurah Ingin Khofifah

-Ilustrasi: Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

KHOFIFAH Indar Parawansa bakal menjadi rebutan para capres. Ibaratnya, gubernur Jawa Timur itu tinggal mengangguk saja bila ingin menjadi cawapres.

Bukan satu capres yang melirik Ibu Ketua Muslimat NU itu. Paling tidak ada dua yang ke arah dia.

”Apa Pak Prabowo sudah menentukan cawapres?” tanya saya. Orang kepercayaan Prabowo Subianto itu menjawab, ”Belum fixed. Tapi, Pak Lurah ingin Khofifah,” ungkapnya.

Pak Lurah? Maksudnya, Presiden Jokowi. 

Orang dekat Prabowo itu mau membocorkannya, tetapi tentu tak mau namanya dipublikasi. Maklum, ini menyangkut nama Pak Lurah juga, yang bisa berimplikasi ke mana-mana.

Selang sehari kemudian, setelah pembicaraan itu, tepatnya Senin malam, Prabowo datang ke Surabaya, makan malam bersama Khofifah. Keduanya bertemu empat mata. Rupanya pesan Pak Lurah langsung dijalankan Prabowo. Gercep.

Kita tahu, ibarat bakal manten, kabar Prabowo-Muhaimin sudah terdengar. Mereka sudah mendeklarasikan koalisi Gerindra-PKB.

Namun, kini muncul Khofifah. Apa kata ketua umum PKB? Muhaimin Iskandar mengaku baru mengetahui acara itu pagi hari. Kepada media, ia menjelaskan saat ini masih proses komunikasi dengan semua partai. Termasuk dengan Golkar. ”Masih ada waktu,” katanya.

Kembali ke Pak Lurah yang menginginkan Prabowo-Khofifah? Bagaimana dengan nasib bakal capres dan cawapres di sekitarnya? Ganjar Pranowo, misalnya. Puan Maharani, Erick Thohir, Yusril Ihza Mahendra,  dan Sandiaga Uno?

Tak tertutup kemungkinan, akan muncul lebih dari satu pasangan calon yang didukung istana. Sebab, Pak Lurah bisa menggenggam lebih dari satu tiket: bisa lewat Koalisi Indonesia Baru atau koalisi Gerindra-PKB. Bisa pula lewat PDIP. Bisa juga semua tiket itu digabung.

Khofifah layak diincar. Sebab, dia memang punya nilai jual tinggi. Sebagai ketua umum Muslimat NU, tentu Khofifah punya jutaan pendukung yang loyal. Buktinya, dia mampu memenangkan pilgub Jatim.

Sebagai tokoh NU, tokoh Jatim, dan tokoh perempuan, Khofifah merupakan kombinasi ideal bagi semua capres yang muncul saat ini. 

Tiga capres yang muncul: Prabowo, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo bukan Jatim, bukan NU, bukan perempuan. Dengan demikian, semuanya sangat klop dan saling mengisi bila menggandeng Khofifah. 

Kubu Anies juga sudah melirik Khofifah. Jubir Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Mabruri menilai, duet Anies-Khofifah sangat cocok. Dianggap sebagai paket komplet karena sudah representatif NU, terpelajar, emak-emak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: