Program Kartu Prakerja 2023 Resmi Dibuka, Ini Link Pendaftarannya

Program Kartu Prakerja 2023 Resmi Dibuka, Ini Link Pendaftarannya

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto saat membuka Program Kartu Prakerja 2023 pada Jumat, 17 Februari 2023--https://ekon.go.id/

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, sekaligus Ketua Komite Cipta Kerja Airlangga Hartarto resmi membuka gelombang pertama kartu Prakerja 2023. 

Ini merupakan gelombang ke-48 sejak pertama kali dibuka pada 2020 lalu. Mulai hari Jumat, 17 Februari 2023 pukul 19.00 WIB, masyarakat sudah bisa mendaftarkan dirinya dalam program pemerintah itu.


Pembukaan Program Kartu Prakerja 2023 pada Jumat, 17 Februari 2023--https://ekon.go.id/

Menko Airlangga Hartarto mengatakan bahwa tahun ini akan membuka dengan kapasitas 10 ribu peserta. Kuota ini akan dinaikkan secara bertahap sesuai jumlah lembaga pelatihan yang bergabung di ekosistem Program Kartu Prakerja. Penaikan kuota ini nantinya dilakukan oleh Manajemen Pelaksana program Kartu Prakerja (MPPKP).

Tahun ini, Program Kartu Prakerja memulai era barunya dengan menggunakan skema normal. Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 113 Tahun 2022 yang diputuskan dalam Rapat Komite Cipta Kerja. 

Skema normal yang dimaksud di sini adalah bahwa bantuan yang diberikan tidak lagi bersifat semi bantuan sosial. Namun lebih difokuskan pada peningkatan keahlian, sehingga porsi biaya pelatihan yang diberikan lebih tinggi daripada insentif. Batas minimal durasi pelatihannya pun ditingkatkan menjadi 15 jam.

Pada 2023 ini, telah terealisasi anggaran untuk 595 ribu peserta. Besaran bantuan yang akan diterima, senilai Rp4,2 juta per individu. Bantuan tersebut akan diberikan dengan penyesuaian. 

Dengan rincian, bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta. Ditambah dengan insentif pasca pelatihan Rp600 ribu yang diberikan sebanyak satu kali dan insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

Pelaksanaan Skema Normal tersebut, dilakukan berdasar pelaksanaan Program Kartu Prakerja selama tiga tahun sebelumnya. Di mana program tersebut berhasil dan sukses di 514 kabupaten/kota dari 38 provinsi. Sebanyak 16,4 juta orang telah merasakan manfaat dari adanya program itu.


Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto saat membuka Program Kartu Prakerja 2023 pada Jumat, 17 Februari 2023--https://ekon.go.id/

Dalam siaran pers yang dilakukan pada Jumat 17 Februari 2023 kemarin, Menko Airlangga Hartarto berpesan agar tenaga kerja terus meningkatkan kompetensi menjadi Angkatan kerja berdaya saing menuju Indonesia Maju.

Semua masyarakat Indonesia yang berusia 18 hingga 64 tahun dapat ikut serta mendaftar Program Kartu Prakerja tahun 2023. Calon peserta dapat langsung mendaftarkan dirinya melalui website www.prakerja.go.id secara mandiri.

Lepas itu, para peserta harus meng-klik "gabung gelombang” agar bisa mengikuti seleksi dan menuju tahap selanjutnya.

Bagi peserta yang ingin menunggu lebih banyak variasi pelatihan tersedia, bisa mengikuti gelombang berikutnya. Mengingat ada batas waktu pembelanjaan saldo pelatihan bagi peserta.

“Jika sudah mendaftar, segera manfaatkan bantuan pelatihan yang diperoleh dengan sebaik-baiknya. Ikuti pelatihan yang sesuai kebutuhan dan peminatan masing-masing. Dengan begitu, bisa mendorong kebekerjaan maupun kewirausahaan Anda. Di Program ini, MPPKP sudah menyiapkan berbagai pelatihan luring, daring, dan bauran,” terang Ketua Komite Cipta Kerja dalam pembukaan Program Kartu Prakerja 2023. (Umaimah ‘Iffat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: