Bakalan Bernostalgia ”Kalimas Night Spectaculer” Hidupkan UMKM Sekitar

Bakalan Bernostalgia ”Kalimas Night Spectaculer” Hidupkan UMKM Sekitar

WAKIL WALI KOTA Pasuruan Adi Wibowo membuka ”Bakalan Bernostalgia”. -istimewa-

PASURUAN, HARIAN DISWAY -  ”Bakalan Bernostalgia” dengan tema Kalimas Night Spectaculer yang bertempat di Kelurahan Bakalan, Kota Pasuruan, Minggu, 26 Februari 2023, berlangsung meriah. Masyarakat membeludak. 

Acara tersebut berlangsung hingga malam nanti, dimeriahkan dengan berbagai dengan pertunjukan tari, lomba lato-lato, drum band lokal, senam resik-resik, hingga pencak silat oleh masyarakat Kelurahan Bakalan. 

Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo yang membuka acara mengatakan, itu adalah momentum yang tepat. Selain menjadi momen hiburan bagi masyarakat setelah pandemi Covid, itu juga memberikan kontribusi bagi peningkatan ekonomi warga Kota Pasuruan. 

”Melalui kegiatan ini, banyaknya UMKM yang berjajar memamerkan produknya menunjukkan mayarakat punya potensi di sektor UMKM. Dengan UMKM Kota Pasuruan yang tumbuh, visi Pasuruan Kota Madinah dapat terwujud. Kita dukung UMKM untuk terus meningkatkan kualitasnya termasuk dengan legalitas produknya,” ungkap Mas Adi. 

Mas Adi melanjutkan, adanya kesenian angklung Kalimas dan pencak silat yang turut ditampilkan pada kegiatan tersebut menjadi kesenian khas dan keunggulan dari Kelurahan Bakalan. Harapannya, itu dapat menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Pasuruan.

”Pencak silat ini adalah kegiatan positif yang harus ditingkatkan. Begitu juga dengan angklung Kalimas yang menjadi keunggulan dan kesenian khas yang dimiliki seniman Bakalan. Kita harus jaga dan lestarikan. Kalau perlu, ini menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Pasuruan,” terang Mas Adi. 

Masih dalam suasana perayaan Hari Jadi Ke-337 Kota Pasuruan, Mas Adi lalu merujuk pada program prioritas Pemkot Pasuruan saat ini. Yaitu, menciptakan Pasuruan yang bersih dan tertib. Mas Adi mengajak warga Kelurahan Bakalan untuk turut menjaga kebersihan lingkungan. 

”Di tahun 2023 ini, Kota pasuruan memiliki beberapa event tingkat regional. Di antaranya, menjadi tuan rumah Apeksi dan MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur. Hal utama yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan. Harapannya, kita sajikan Kota Pasuruan yang bersih dan nyaman. Mari kita jaga kekompakan kita untuk menciptakan kebersihan dan ketertiban,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Bakalan Bernostalgia Denny Yudhistira dalam sambutannya menyampaikan, salah satu tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah menampilkan kesenian budaya yang dimiliki oleh masyarakat Bakalan yang telah menorehkan segudang prestasi untuk Kota Pasuruan.

”Terima kasih kepada tamu undangan dan masyarakat yang sudah rawuh meramaikan acara ini. Dengan banyaknya prestasi yang telah kami berikan untuk Kota Pasuruan, kami ingin menampilkan beragam kesenian budaya dari masyarakat Bakalan,” ungkapnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: