Tongkat Panglima Koarmada II Berpindah

Tongkat Panglima Koarmada II Berpindah

Laksamana Muda TNI T.S.N.B. Hutabarat dan Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah bernyanyi bersama dalam malah pisah sambut Panglima Koarmada II.-Michael Fredy Yacob-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- LAMPU warna-warni menghiasi malam dermaga ujung Pangkalan Koarmada II, Senin, 27 Februari 2023. Semua lampu-lampu itu, dipasang di badan Kapal Republik Indonesia (KRI). Di sekitar kapal, ada tiga panggung hiburan. Panggung utamanya ada di bawah patung Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya).

Semua prajurit TNI AL di satuan itu berkumpul di dermaga tersebut. Bersiap mengantarkan mantan pimpinan mereka: Laksamana Muda TNI T.S.N.B. Hutabarat. Jenderal TNI bintang dua itu kini menjabat Deputi Bidang Pengkajian dan Pengindraan Setjen Wantannas.

Malam itu, adalah hari terakhir jenderal bintang dua itu bertugas di Surabaya sebagai panglima Koarmada II. Jabatan itu kini sudah beralih ke Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah. Pagi harinya, upacara serah terima jabatan itu dipimpin Panglima Koarmada RI Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto.

Kedua pemimpin itu pun sempat memamerkan keahlian mereka dalam mengolah suara. Mereka didampingi Sammy Simorangkir. Sekitar tiga lagu mereka nyanyikan. Setelah itu, semua prajurit tadi langsung berbaris saling berhadapan.

Di tengah mereka terdapat dua mobil. Kendaraan itulah yang mengantarkan Laksamana Muda TNI T.S.N.B. Hutabarat beserta meninggalkan satuan tersebut. Itu merupakan tradisi pelepasan pejabat tinggi di lingkungan TNI AL. Tradisi itu mereka sebut pedang pora.

Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto mengatakan, serah terima jabatan di lingkungan TNI Angkatan Laut merupakan proses yang saling berkesinambungan dalam hal pembinaan personel dan organisasi.

Pergantian pejabat bertujuan untuk mendinamiskan lingkungan kerja yang terus bergerak adaptif. 

 “Semoga ini menjadi berkah bagi pejabat baru Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab baru. Laksamana Muda TNI T.S.N.B. Hutabarat sudah sembilan bulan bertugas di Koarmada II,” terangnya.

Menurutnya, sudah banyak prestasi selama kepemimpinan Laksamana Muda TNI T.S.N.B. Hutabarat. Ia pun meminta agar pejabat yang baru dapat melanjutkan pekerjaan-pekerjaan yang belum terselesaikan. Serta membuat terobosan baru untuk Koarmada II. “Evaluasi pasti kita lakukan setiap tahun. Di awal maupun di akhir tahun,” bebernya.

Sementara itu, di waktu yang bersamaan juga dilaksanakan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ketua Daerah Jalasenastri Armada (KDJA) II dari Dhira Hutabarat kepada Happy Maman. Dipimpin oleh Ketua Pengurus Gabungan Jalasenastri Armada RI Yayuk Heru Kusmanto.

Laksda TNI Maman Firmansyah merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-35 tahun 1989. Berbagai jabatan pernah diembannya antara lain: Komandan KRI Untung Surapati-372 pada tahun 2002, Komandan KRI Hiu-804.

Lalu, Komandan KRI Singa-651, KRI Fatahillah-361, Komandan KRI Oswald Siahaan-354 di 2007. Tahun depannya, ia menjabat sebagai Komandan Lanal Palembang dan Komandan KRI Ahmad Yani-351.

Sedangkan untuk jabatan Perwira Tinggi dimulai sebagai Komandan Kodikopsla Kodiklatal 2017, Kas Kolinlamil di 2019, Kas Koarmada III di 2019, dan Kaskogabwilhan III sejak 2021 lalu. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: