Terima Kasih Burny Mattinson, Legenda Disney itu Tutup Usia

Terima Kasih Burny Mattinson, Legenda Disney itu Tutup Usia

Burny Mattinson-google-thewaltdisneycompany.com

LOS ANGELES, HARIAN DISWAY - Burny Mattinson, sutradara, animator, dan produser di Walt Disney tutup usia karena sakit. Di usianya yang ke-87 ini, ia telah berkarya selama hampir 70 tahun.

 

Ketertarikan Mattinson terhadap dunia animasi dimulai saat ia berusia 6 tahun. Sang Ibu, Hannah Estevez, mengajak anaknya untuk menyaksikan Pinocchio (1940) di Orpheum Theatre, tempatnya bekerja di San Francisco.

 

Mattinson kecil terkagum melihat guratan animasi Pinocchio saat itu. “Sejak saat aku melihat film itu, aku tahu, inilah mimpiku, untuk berkarya dan berkarir di sana,” jelasnya dahulu pada perusahaan Disney. Ia mulai belajar untuk menggambar setiap harinya.

 

Kebiasaan itu dilakukan secara rutin di usia sekolahnya. Bahkan, ia sudah mampu menciptakan gambar dengan gaya kartun Disney di usia 12 tahun.

 

Saat pria kelahiran 13 Mei 1935 menyelesaikan sekolah menengahnya, Estevez memberi kejutan. Wanita itu mengantarkan anaknya dari Los Angeles ke Burbank untuk melamar ke Walt Disney Studio.

 

Ia menyerahkan portofolionya pada staf keamanan disana. Staf itu terkagum dengan kemampuan Mattinson muda dan memanggil Ken Seiling, kepala departemen personalia.

 

Saat itu sedang tidak ada lowongan untuk animator di studio, Mattinson bekerja sebagai staf ruang persuratan.

 


Proyek pertama Burny Mattinson--IMDB

 

6 bulan kemudian, mimpinya terwujud. Studio Walt Disney mengajaknya untuk bergabung di proyek Lady and the Ramp (1955).

 

Burny Mattinson adalah asisten animator paruh waktu pertama tanpa pendidikan seni formal.

 

Proyek ini menjadi awal karirnya di Studio Walt Disney. Pria asal San Francisco itu akhirnya resmi menjadi seorang animator full-time setelah menjalani 2 bulan pelatihan.

 

Karya pertamanya sebagai animator adalah Robin Hood (1973) dan menjadi animator utama dari Winnie the Pooh and Tiger Too (1974).

 

Selama karirnya, ia meninggalkan banyak kesan bagi rekan kerjanya. Eric Goldberg, teman dekat sekaligus koleganya berkata, “Burny adalah wujud renaisans dari Disney.” 

 


Mattinson dan Goldberg-google-thewaltdisneycompany.com

 

Hingga menuju hari akhirnya, Burny masih bekerja full-time sebagai konsultan skenario dan mentor. Proyek terakhir yang melibatkannya adalah Big Hero 6 (2014) dan Strange World (2022). Proyek final ini mendapatkan banyak nominasi dan penghargaan salah satunya Blimp Award 2015 sebagai animasi favorit untuk Big Hero 6.

 

Burny Mattinson meninggal pada tanggal 27 Februari 2023 di Canoga Park, Los Angeles. Tahun ini seharusnya menjadi tahun besar Burny untuk menerima penghargaan karir terpanjang selama 70 tahun di perusahaan Walt Disney. “Burny Mattinson, kau akan selalu dikenang dan kami rindukan, kami mencintaimu,” tutup Goldberg. (Dara Nabila Salsabyla)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: the walt disney company