Viktor Bergeming, Tetap Wajibkan Siswa SMA/SMK di NTT Masuk Jam 5 Pagi

Viktor Bergeming, Tetap Wajibkan Siswa SMA/SMK di NTT Masuk Jam 5 Pagi

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat bersikeras tak akan mencabut kebijakannya.-FOTO: PEMPROV NTT-

Dua SMA di Nusa Tenggara Timur (NTT) dikenai aturan baru. Para pelajar SMA 1 dan SMA 6 Negeri Kupang masuk sekolah pukul 05.00 WITA. Kebijakan ini nantinya diberlakukan buat seluruh siswa SMA dan SMK de-NTT

---

UJI COBA itu berlaku mulai Senin, 27 Februari 2023. Instruksi langsung dari Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat. Aturan yang bikin heboh itu pun menuai banyak protes.

Viktor bersikeras. Baginya, dua SMA unggulan itu punya kemampuan untuk menjalankannya. "Kalau tidak kuat, tarik pulang sudah. Karena ini jalan terus kecuali saya berhenti September nanti, pasti bisa dibatalkan," katanya dalam video yang diunggah di akun Instagram @viktorbungtilulaiskodat.

Bahkan, politikus Partai Nasional Demokrat itu turut meyakinkan para orang tua agar menyekolahkan anak-anaknya di dua sekolah tersebut. Mereka bakal disiapkan menjadi pemimpin masa depan.

"Yang tidak mau, tidak dipaksa. Monggo geser kas keluar ame sang dia (geser ke sekolah lain, Red)," katanya. Ia paham bahwa banyak pihak yang keberatan. Tentu dengan berderet alasan. Salah satunya, menyebut terlalu pagi.

Viktor menilai anggapan itu kurang tepat. Sebab, langit NTT sudah terang pada pukul 05.00 pagi. Berbeda dengan wilayah yang mengacu pada Waktu Indonesia Barat, langit masih gelap.

Maka, para pelajar yang disiapkan untuk memimpin masa depan kelak harus punya disiplin yang tinggi. Apalagi matahari terbit di NTT tepat pukul 05.48 WITA. Hanya selisih 48 menit.

Filosofinya, kata Viktor, seorang tokoh yang mau disiapkan adalah harus bergegas sebelum matahari terbit. Suasana pagi sangat kondusif untuk belajar. "Dia telah siap untuk hidup di dalam pembangunan aktivitas sehari-hari, itu filosofinya," ujarnya.

Kini dua SMA sudah menjalani aturan tersebut selama dua hari. Viktor mengungkap bahwa memang masih ada sejumlah hal yang harus diperhatikan. Terutama soal keamanan di jam-jam keberangkatan dari rumah ke sekolah. Pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan Polri untuk langkah antisipasi.


UJI COBA hari pertana siswa SMA di Kupang, NTT, masuk jam 5 pagi.-Foto: TikTok @25jhuanasliaimere-

Dua SMA unggulan itu bakal mendapat perlakuan khusus. Rencananya, Viktor bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi. Seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), hingga Harvard University. 

"Jadi yang tertarik masuk UI mereka dipersiapkan dari awal. Kalau tes UI langsung, mereka mampu punya standar yang sama dengan Jakarta. UGM atau pun yang menuju Harvard University sekalipun," katanya.

Sebetulnya, aturan itu disampaikan Viktor dalam agenda pertemuan bersama kepala sekolah pada Kamis, 23 Februari 2023. Viktor terlihat berbicara di depan dan didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Linus Lusi. Para kepala sekolah pun menyambut usulannya dengan terbuka.

Pakar Pendidikan Ali Yusa menilai kebijakan itu cukup nyeleneh. Bahkan cenderung mengabaikan sisi kesehatan para murid. "Kalau masuknya jam lima, mereka setidaknya harus bangun jam empat dong. Nah, apakah cukup waktu istirahatnya?" ujar Anggota Dewan Pendidikan Jatim itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: