Sinopsis Renjana, Film Pendek Karya Cindicat UTM Madura yang Bikin Trenyuh

Sinopsis Renjana, Film Pendek Karya Cindicat UTM Madura yang Bikin Trenyuh

Poster Short Movie Renjana--

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Komunitas Cindicat Universitas Trunojoyo Madura (UTM) punya karya berjudul Renjana. Film tersebut mengangkat isu pelecehan seksual yang terinspirasi dari banyaknya kasus yang terungkap semenjak pandemi.

"Terenyuh. Ceritanya bagus, menyadarkan orang untuk menghargai orang lain terlepas dari masa lalunya yang kelam," ungkap Pratama Aldo mahasiswa UTM usai menonton film tersebut.

Renjana merupakan film pendek bergenre drama fiksi penuh kisah haru. Film yang berdurasi 30 menit itu mengisahkan ibu dan anak yang terdiskriminasi karena latar belakang masa lalunya. Film tersebut beralur maju mundur.

 

Cerita dibuka dengan diperlihatkan perempuan Pegawai Seks Komersial (PSK) yang lelah menjalani kehidupannya, berlatar tahun 2000.  Setelah itu kisah melompat ke tahun 2017. Dikisahkan Anggraini hidup serba kekurangan sebagai seorang tukang cuci. Dia memiliki anak bernama Renjana 17 tahun, dia merupakan anak semata wayang Anggraini.

 

Anggarini merelakan Renjana diasuh oleh saudaranya, Sri yang hidup berkecukupan. Sri merupakan ibu rumah tangga dan memiliki suami bapak Wana, seorang pengusaha, dan orang terpandang di masyarakat. Keluarga ibu Sri tidak memiliki keturunan karena Ibu Sri mengidap kanker serviks.

 

Keluarga ibu Sri lah yang membiayai kebutuhan Renjana seperti uang saku dan sekolahnya. Renjana sangat dekat dengan ibu Sri, dia menganggap ibu Sri seperti ibu kandungnya sendiri.  

 

Pada potongan cerita selanjutnya, memperlihatkan perbedaan perlakuan masyarakat terhadap Anggraini dengan keluarga pak Wana. Pak Wana ayah angkat Renjana yang terkenal dermawan.

 

Setiap ia menyelesaikan urusan proyek luar kota, ia selalu membagikan sembako kepada warga sekitar, ia sangat dihormati. Sedangkan Anggraini selalu diperlakukan sebagai perempuan rendahan. 

 

Masyarakat masih mengaggapnya sebagai seorang pelacur yang seolah layak direndahkan dan dilecehkan. Seperti pada potongan scene saat dia diperlakukan tidak senonoh oleh seorang pelanggan laundry.

 

Anggraini dipaksa melayani nafsu bejat salah satu pelanggan laki-laki, seketika itu Anggraini marah dan menampar pelanggan tersebut.

 

Syahdan, Ibu Sri meninggal karena kanker serviks yang dideritanya semakin parah. Time skip, cerita berlanjut pada tahun 2018. Sudah satu tahun Renjana hidup berdua bersama pak Wana.

 

Pak Wana merupakan seorang sosok ayah yang sangat diidolakan oleh Renjana. Ia sering memberikan Renjana motivasi hidup, mendorong Renjana terus belajar untuk bisa menggapai cita-citanya. 

 

Pada potongan kisah selanjutnya diperlihatkan Renjana beberapa kali dilecehkan Pak Wana. Dia dicium dan dipeluk oleh pak Wana tidak selayaknya perlakuan bapak dan anak. Namun, Renjana tidak merasa hal itu merupakan tindakan diluar batas. Hingga pada suatu malam kala Renjana terbangun dari tidur, Renjana dipanggil pak Wana untuk duduk disebelahnya. 

 

Pada scene tersebut memperlihatkan Pak Wana memberikan motivasi Renjana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dan semua biaya ditanggung olehnya.

 

Lalu tiba-tiba pak Wana memeluk Renjana lantas mencium bibirnya. Renjana terkejut, seketika itu dia berusaha melepas peluk pak Wana lalu dia berlari menuju kamar. Sepanjang malam Renjana terjaga memikirkan tindakan ayah angkatnya tersebut.


Potongan scene Renjana Karya Cindicat UTM--Cindicat.dok

Hingga puncaknya, Pak Wana memperkosa Renjana. Diperlihatkan mobil yang berhenti di suatu tempat sepi malam hari. Disitu pak Wana melampiaskan perlakuan bejatnya pada Renjana.

 

Renjana tergeletak tak berdaya. Pak Wana menceritakan bahwa Renjana merupakan anak haram hasil pelacuran Anggraini. Kesedihan Renjana semakin menumpuk tatkala dia mengetahui ternyata selama ini Renjana merupakan anak haram buah pelacuran ibunya.

Scene berlanjut, saat Renjana yang marah dan kecewa mendatangi Anggraini. Diperlihatkan pertengkaran hebat antara Renjana dan ibunya. Anggraini menceritakan semuanya.

Alasan kenapa memilih melahirkan Renjana setelah sebelumnya dia beberapa kali menggugurkan kandungan, hingga kenapa dia merelakan Renjana diasuh oleh saudaranya. Mereka berdua akhirnya saling memahami dan berdamai. 

Puncak dari film ini kala Renjana menceritakan semua perlakuan bejat Pak Wana kepada ibunya. Anggarini yang murka mendengar cerita Renjana, dia bergegas untuk melabrak pak Wana. Saat itu rumah Pak Wana sedang ada acara dengan warga sekitar. 

Anggraini dan Renjana melabrak Pak Wana dihadapan warga. Namun, tidak ada satupun warga yang percaya dengan mereka berdua atas tuduhan terhadap pak Wana.

Malahan mereka mendapat caci maki karena dianggap menyebarkan fitnah. Warga hanya percaya kepada Bapak Wana yang dermawan, dibanding seorang mantan psk dan seorang anak haram yang tidak tahu balas budi. 

Plot twist, film ini ditutup dengan diperlihatkan identitas dua perempuan misterius yang duduk dan bercerita di ruangan gelap yang selalu muncul di sela-sela perpindahan scene dari film tersebut.

Ya, mereka adalah Anggraini dan Renjana dalam studio Cindicat tahun 2022. Mereka mengucapkan terima kasih kepada crew Cindicat yang sudah mendengar cerita juga mau membantu mereka untuk bersuara. Setelah itu bergantian para crew bernolog melemparkan statement untuk menjajaki pendapat para penonton dari kisah dalam film tersebut.

"Apakah nilai kebenaran itu akan luntur, jika yang menyampaikan itu orang yang terstigma?” ucap Samsul Arifai pimpinan produksi film tersebut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: