IPG Jawa Timur Dipacu Terus Tumbuh

IPG Jawa Timur Dipacu Terus Tumbuh

Suf okay Teks foto: GUBERNUR Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membagikan sembako kepada warga di sekitar Gedung Negara Grahadi. -Boy Slamet-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- Jawa Timur kembali mencetak angka indeks pembangunan gender (IPG) yang tinggi. Secara konsisten berada di atas capaian nasional pada periode 2020–2022 yang hanya mencatatkan angka 91,63.

Sementara itu, berdasar catatan Badan Pusat Statistik (BPS), capaian kinerja kesetaraan gender di Jatim tahun lalu 92,08. Angka tersebut meningkat dari tahun 2021 sebanyak 0,41. Sementara itu, peningkatan IPG nasional naik 0,36 poin.

”Jadi, IPG ini merupakan indikator yang mengukur pencapaian pembangunan manusia dengan mempertimbangkan aspek gender. Alhamdulillah, Jawa Timur konsisten berada di atas angka nasional,” kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin, 13 Maret 2023.

Untuk itu, Khofifah mengapresiasi semua pihak yang telah membantu penyetaraan gender di Jawa Timur. Mengingat, dibutuhkan pemikiran dan gerakan konsisten terukur dari banyak elemen dan instansi untuk dapat mengubah keadaan. 

Angka yang fantastis itu tidak membuat mantan menteri sosial tersebut puas. Menurutnyi, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan untuk peningkatan IPG di Jawa Timur. Salah satunya adalah status ketenagakerjaan perempuan.

Menurutnyi, pekerja perempuan masih menemui beberapa kendala di lapangan. Di awal 2023, BPS Jatim mencatat, 39,70 persen pekerja perempuan di perkotaan berstatus karyawan atau pegawai.

Berbeda halnya dengan di perdesaan. Sebanyak 36 persen perempuan di desa merupakan pekerja keluarga atau pekerja yang tidak dibayar. Karena itu, dia meminta agar tidak terpaku pada keadaan.

Tapi, semua pihak harus mengerahkan energi untuk berkolaborasi guna menjawab tantangan dalam kasus kesejahteraan gender.

Capaian IPG di Jawa Timur itu merupakan kado indah untuk Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret 2023. Disebutkannyi, Jawa Timur akan berkomitmen untuk terus meningkatkan IPG dan kesejahteraan sosial yang merata bagi semua masyarakat. 

”Saya juga ingin mengucapkan selamat Hari Perempuan Internasional. Mudah-mudahan perjuangan kita dalam membangun kesetaraan gender dan peningkatan IPG tidak berhenti di sini saja. Mari bersama kita tingkatkan kualitas kita agar bisa berkontribusi terbaik bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” terangnyi. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: