Selangkah Lagi Untag Surabaya Punya Fakultas Kedokteran

Selangkah Lagi Untag Surabaya Punya Fakultas Kedokteran

Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, M.M., CMA., CPA.-Humas Untag Surabaya-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Kebutuhan tenaga kesehatan (nakes) khususnya dokter, masih sangat diperlukan di Indonesia. Banyak daerah yang belum mendapatkan layanan kesehatan yang mumpuni.

 

Untuk memenuhi kebutuhan itu, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya tengah bersiap untuk membangun SDM di dunia kedokteran.

 

Tahap demi tahap telah dilalui Untag Surabaya untuk mendirikan Fakultas Kedokteran. Surat rekomendasi pendirian Fakultas Kedokteran sudah diterima. Tinggal selangkah lagi, cita-cita Untag untuk menghasilkan dokter-dokter profesional terwujud.

 

Kamis, 9 Februari 2023 lalu, Dirjen Tenaga Kesehatan Kemenkes RI  drg. Arianti Anaya, M.KM yang didampingi oleh Direktur Penyedia Tenaga Kesehatan Dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes. melakukan asesmen lapangan.

Untag Surabaya sudah memasuki usia yang matang untuk berkontribusi bagi kemajuan bangsa ini. “Semangat nasionalisme yang terus digelorakan oleh seluruh civitas academica, menjadi bukti kesiapan Untag.

Dengan semangat itu pula Untag akan menghasilkan tenaga profesional dokter. Yang tidak anya nasional, tetapi juga internasional,” ujar Rektor Untag Surabaya Prof. Dr. Mulyanto Nugroho saat ditemui, Kamis, 9 Februari 2023.

Nantinya, Fakultas Kedokteran Untag akan berbeda dengan Fakultas Kedokteran yang lainnya. Karena di Untag Surabaya mengkhususkan diri untuk memajukan pelayanan secara merata dan terjangkau. 

Dengan melaksanakan pendidikan kedokteran yang modern, berwawasan kebangsaan, serta selalu mengikuti perkembangan sains.

"Nantinya mahasiswa kedokteran tidak hanya dibekali dengan mata kuliah Bahasa Indonesia, Kewarganegaraan, dan Pancasila saja. Tetapi juga dengan mata kuliah Patriotik serta diperkuat dengan aktivitas lain, seperti UKM Bela Negara, KKN Kebangsaan, dan organisasi Kemahasiswaan Patriotik," ucap Guru Besa Untag ini.

Prof. Nug berharap, Untag Surabaya bisa segera membuka penerimaan mahasiswa kedokteran. “Karena dengan komitmen kami mendidik dokter-dokter nasionalis yang berjiwa patriotik, kehadiran Fakultas Kedokteran untuk rakyat in sangat dinantikan oleh masyarakat," tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: