Anak Ma’ruf Amin Jadi Profesor di Unesa

Anak Ma’ruf Amin  Jadi Profesor di Unesa

Pengukuhan Profesor Dr Hj Siti Nur Azizah, anak Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang kini menjadi guru besar di Unesa.-Moch Sahirol Layeli-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- Wakil Presiden Ma’ruf Amin 11 Maret lalu genap berusia 80 tahun. Kado spesial diberikan Siti Nur Azizah kepada ayahnya itu. Dia dikukuhkan sebagai guru besar di Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Pengukuhan Siti dilakukan dalam rapat terbuka senat akademik Unesa. Gelar profesor itu diraih di bidang ilmu hukum dan bisnis halal. Dia mengangkat judul Jaminan Produk Halal Melalui Audit Mutu Hukum Menuju Era Industri Halal. 

”Produk halal akan menjadi tren global. Di 2023, diperkirakan pasar produk halal mencapai USD 3 triliun. Diprediksi, 2030 nanti, sekitar USD 3,8 triliun,” ujar Siti seusai pengukuhannyi di Graha Unesa, Kamis, 16 Maret 2023. 

Indonesia memiliki peluang pasar produk halal yang besar. Sebab, pasar untuk industri makanan halal sudah hampir 15 persen. ”Indonesia baru menguasai 13 persen pasar halal dunia untuk makanan. Sebanyak 19 persen untuk fashion. Saya kira itu peluang pasar yang begitu besar,” ujarnyi.

Konsumen di Indonesia harus mendapatkan jaminan, kepastian hukum, perlindungan, dan kemanfaatan dari industri halal. Karena itu, mereka perlu regulasi yang komprehensif dan integral agar bisa mendukung.

Regulasi tersebut akan mengatur industri halal yang lebih luas. Di dalamnya mencakup peraturan di bidang perindustrian, perdagangan, perlindungan konsumen, penanaman modal, pengaturan pangan, pengaturan pertanian, dan jaminan produk halal.

Omnibus law yang dimaksud Azizah ialah undang-undang tentang bisnis halal. Tujuannya, dapat mencapai pembangunan industri halal melalui pasar halal.

”Harapan hukum bisnis halal ialah penerapan hukum yang sesuai dengan harapan pembuat undang-undang. Yaitu, dengan penafsiran otentik,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor Unesa Nurhasan bersyukur lantaran kampus yang dipimpinnya mendapat tambahan tenaga pengajar yang memperoleh gelar tertinggi dalam akademik. ”Total sudah 88 guru besar yang kami miliki,” terangnya.

Menurut Nurhasan, sumbangan penting bagi keilmuan hukum dan kepastian jaminan produk halal ialah melalui audit mutu hukum menuju era industri halal yang berkembang pesat.

”Menurut saya, sangatlah tepat pengukuhan profesor hari ini. Agar bisa menjadi momentum kebangkitan industri halal di Indonesia,” imbuhnya.

Ma’ruf Amin pun hadir dalam pelantikan tersebut. Ia sekaligus meresmikan fakultas baru di Unesa. Yakni, fakultas kedokteran. Rencananya, tahun ini fakultas itu sudah bisa menerima mahasiswa baru. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: