Resmi Dibuka! Pameran Lukisan Mural 30 Meter Karya 19 Seniman di Suites Hotel Surabaya

Resmi Dibuka! Pameran Lukisan Mural 30 Meter Karya 19 Seniman di Suites Hotel Surabaya

Canvas lukisan sepanjang 30 Meter menjadi ikon Pameran Lukisan di Suites Hotel Surabaya, Jawa Timur, Jumat (17/3/2023)-Elvina Talitha Alawiyah-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pameran lukisan mural dengan panjang 30 meter resmi terpajang di dinding Suites Hotel SURABAYA, Jumat, 17 Maret 2023. Lukisan panjang tersebut digambar oleh 19 pelukis

Nama pamerannya: Spirit of Humanity yang mengangkat tema tradisi-tradisi di bulan suci Ramadhan. Oleh karena itu, Firman Permana selaku General Manager Suites Hotel Surabaya menggandeng lintas komunitas mulai dari Garis Gathuk, Kolcai, IWPI, dan Goras Gores.

Dari ide kolaborasi tersebut mengajak 19 pelukis, di antaranya ada Budi Bi, Te Kamajaya, Andreanus Gunawan, Hence Virgorina, Hendy Prayudi, Ami Tri, Sherly Ozora, Pudji Kustiawan, Nana Murti, Esti Kunanti, Rama, Lukman Gimen, Budi Ipeng, Sinyo, Sherine Pingki Ayako, Suwito, Aimee Shafwaa, dan Choy Irul.

Pelukis-pelukis tersebut tergabung untuk menggarap lukisan dengan panjang 30 meter dan di dalamnya tertuang 12 tema yang diaplikasikan, mulai dari Tradisi Megengan, Tradisi Nyekar, Munculnya Pasar Kaget, Budaya Tadarusan, Berbagi Takjil, Ngabuburit, Malam Takbiran, Baju dan Kue Lebaran, Mudik, Halal Bi Halal dan Sungkeman, Unjung-unjung, dan yang terakhir Kupatan atau Bakda Kupat.

Beragam tema tersebut di lukis oleh 19 pelukis dari beragam kota juga mulai dari Surabaya, Lamongan, Sidoarjo, Bojonegoro, Madiun hingga Riau (yang kebetulan pelukis Riau tersebut sedang di Surabaya) dan para pelukis tersebut beramai-ramai menginap selama 3 hari di Suites Hotel Surabaya. 

Pameran lukisan 30 meter ini resmi dibuka sejak Jumat dan dapat disaksikan serta diapresiasi langsung di Cafe Taman, Suites Hotel Surabaya. Tak hanya lukisan panjang yang ditampilkan, namun beberapa hasil lukisan lain juga turut dipamerkan di sekitaran dinding dan tempat dekat Cafe Taman tersebut.

Lukisan 30 meter tersebut terpajang mengitari dinding lantai 2 yang terlihat dari Cafe Taman yang menyuguhkan lukisan menarik dan hangat baik untuk para pengunjung Suites Hotel Surabaya. 

Budi Bi selaku Koordinator Lapangan Pameran Spirit of Humanity berharap "Para pengunjung dapat bernostalgia karena tradisi-tradisi yang kita lukiskan ini merupakan kegiatan yang dilakukan cuma setahun sekali, mengenang tradisi yang dulu mungkin dilakukan di kampung halaman, " tutur Budi Bi. (Jessica Laurent) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: