Gus Ipul Imbau Masyarakat Bijak Menggunakan Air Bersih

Gus Ipul Imbau Masyarakat Bijak Menggunakan Air Bersih

GUS Ipul menghadiri peringatan Hari Air Sedunia. -istimewa-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Wali Kota PASURUAN Saifullah Yusuf mengajak warga Kota PASURUAN agar dapat hemat dan efisien dalam menggunakan air. Penghematan air bersih harus dilakukan untuk generasi selanjutnya. 

Gus Ipul, sapaan Saifullah Yusuf, mengungkapkan bahwa air merupakan kebutuhan fundamental makhluk hidup. Dengan demikian, kita perlu menggunakannya seefisien mungkin. Sebab, tidak semua negara memiliki kekayaan air yang luar biasa seperti di Indonesia. Itu disampaikan Gus Ipul saat membuka acara Hari Air Sedunia di Pelabuhan Kota Pasuruan, Selasa, 21 Maret 2023. 

”Kita patut bersyukur kepada Allah SWT Indonesia diberikan air yang cukup melimpah dibandingkan beberapa negara lainnya. Tapi, kita tidak akan tahu, di masa mendatang, apakah air yang kita nikmati hari ini tetap melimpah atau malah akan berkurang. Untuk itu, mari kita gunakan air seefiesien mungkin,” ujar Gus Ipul. 

Ada beberapa saran dalam memperingati Hari Air Sedunia. Pertama, tidak lupa menyapu dan mengepel lantai dengan menggunakan cairan antiseptik agar lantai menjadi bersih. Kedua, tidak menumpuk barang bekas sehingga membuat rumah berdebu dan menjadi sarang nyamuk agar baik untuk lingkungan. 

Ketiga, hemat air dengan menghindari penggunaan air yang berlebih. Pasalnya, penggunaan air yang berlebih pada jangka panjang dapat mengakibatkan kekeringan, terutama di musim kemarau. Keempat, membuang sampah pada tenpatnya. Kelima, menanam tumbuhan di rumah. 

Hari Air Sedunia di Kota Pasuruan diperingati dengan berbagai acara. Mulai penanaman pohon hingga peresmian hasil renovasi pelabuhan Kota Pasuruan. Berbagai UMKM kuliner Kota Pasuruan juga meramaikan Hari Air Sedunia. 

”Terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah menyelenggarakan kegiatan kali ini di Pelabuhan Kota Pasuruan. Saya senang melihat pelabuhan hari ini bersih. Untuk itu, kita harus perbanyak mendatangkan tamu ke sini agar tetap terjaga kebersihannya. Karena biasanya kita bersih-bersih kalau ada tamu. Jadi, saya minta Pak Lurah dan Pak Camat untuk mengubah mindset kita. Agar kita menjadi tidak abai dengan kebersihan sekitar lingkungan kita,” ujar Gus Ipul. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: