Hilal Terhalang Mendung di Surabaya, Terlihat di Lumajang dan Lamongan

Hilal Terhalang Mendung di Surabaya, Terlihat di Lumajang dan Lamongan

Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi meminta umat Muslim di sana ikut memantau hilal untuk menentukan hari raya Idul Fitri 2023-Sahirol Laeli-

SURABAYA, HARIAN DISWAY -  Kementerian Agama Kota Surabaya bersama pemerintah Kota Surabaya, Ormas, dan ulama menggelar rukyatul hilal, Rabu, 22 Maret 2023 di Rooftop One Icons Residence Lantai 55, Komplek Plaza Tunjungan Surabaya. 

Pemantauan dibantu oleh Lembaga Falaqiah PCNU, Asosiasi Astronomi, UIN Sunan Ampel, dan Perwakilan Lembaga Kegamaan. Mereka memantau hilal dengan menggunakan teleskop.

 

Dalam prosesi yang berlangsung, hilal tidak terlihat karena kendala alam. "Mendung yang cukup tebal dan angin yang kencang sehingga hilal tidak terlihat," ujar Kepala Kementerian Agama Kota Surabaya KH Pardi usai pemantauan di titik tertinggi Surabaya itu.

 

Kendati begitu puasa pertama akan berlangsung besok, Kamis, 23 Maret 2023. Rukyat hilal sudah terlihat di daerah Lumajang. Menurutnya, dengan hasil tersebut, maka awal puasa sudah bisa ditentukan.

 

"Besok kita puasa karena hilal sudah terlihat di Lumajang, Karena matahari di lumajang arah ke timur. Jadi hilal bisa terlihat lebih dulu disana," imbuhnya.

 

Ketika di seluruh Indonesia sudah ada yang melihat rukyat hilal, maka akan dilaksanakan puasa. "Mereka disumpah jika melihat hilal, dan itu akan diikuti di seluruh indonesia" ungkapnya.

 

Selain Lumajang, Hilal juga terlihat di Lamongan, dan Jakarta. (Candraditya)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: