Temui Jokowi, Puan Bahas Pemilu 2024

Temui Jokowi, Puan Bahas Pemilu 2024

KETUA DPR Puan Maharani menemui Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta.-INSTAGRAM @PUANMAHARANI-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Ketua DPR RI Puan Maharani bertandang ke Istana Merdeka, Jumat siang, 24 Maret 2023. Lawatan itu hanya berselang enam hari dari kunjungan ibunyi, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada Sabtu, 18 Maret lalu. Keduanyi sama-sama menemui Presiden Joko Widodo untuk membahas persiapan Pemilu 2024.

Jokowi pun sempat mengungkap perbincangan dalam pertemuan dengan Mega. Salah satunya, soal penentuan capres yang akan diusung PDIP. "Tentu saja terkait dengan nama, sekali lagi nanti Ibu Megawati Soekarnoputri yang akan menyampaikan pada momentum dan waktu yang tepat," ujar Jokowi.

Yang jelas, kata Jokowi, ia memberikan pandangan-pandangan dari angka dan data yang ia miliki. Pertemuan dengan Mega selama tiga jam itu pun menuai banyak tafsir.

Sejumlah pengamat beranggapan bahwa Jokowi dan Mega sudah sepakat nama calon presiden yang akan diusung. Yang lain, bahkan, beranggapan keduanya juga sepakat mendukung Prabowo Subianto.

Sementara itu, pertemuan dengan Puan juga membahas hal yang sama. Kehadiran Puan di istana tidak hanya sebagai Ketua DPR, tetapi juga petinggi PDIP. Dia menyampaikan sejumlah hal strategis terkait pemenangan pemilu kepada Jokowi.

"Termasuk dinamika politik nasional terkini dan gambaran kerjasama antar parpol," ucapnyi seperti dikutip akun instagram @puanmaharani.  Namun, Puan tak membeber secara rinci. Semuanya masih menunggu kejutan dari PDIP.

Selain itu, kata Puan, ada sejumlah isu nasional yang dibahas. Yakni mengenai beberapa rancangan undang-undang yang akan dibahas DPR bersama pemerintah. "Sebagai Ketua DPR-RI saya terus mendorong sinergi antar lembaga eksekutif dan legislatif yang tidak hanya terkait pelaksanaan fungsi DPR, tapi juga soal menyelesaikan isu-isu nasional," terang Puan.

Puan menyertakan foto berdua Jokowi dalam unggahan tersebut. Dia menyebut pertemuan dengan Jokowi itu dilakukan oleh dua pemimpin. Yang berarti dua kader PDIP dan di tanggal 2 Ramadan. "Semoga pertemuan hari Jumat di awal Ramadan ini membawa berkah dan bermanfaat yaa... Aamiin yaa rabbal alamin," tulisnyi. (*)

 

Sumber: