Serial Geliat Masjid Perumahan (Seri 5); Masjid Al Ikhlas, Sidoarjo; Ramah Anak-anak

Serial Geliat Masjid Perumahan (Seri 5); Masjid Al Ikhlas, Sidoarjo; Ramah Anak-anak

Masjid Al-Ikhlas Delta Sari Indah, yang jadi andalan warga kampung Kureksari dan warga kompleks Perumahan Delta Sari untuk melaksanakan ibadah sehari-hari.-Syahrul Rozak-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Bila menyebut masjid di lingkungan kompleks Perumahan Delta Sari, SIDOARJO, tak ada lain. Semua akan menunjuk pada masjid Al Ikhlas Delta Sari Indah. Di kompleks masjid tersebut terdapat sekolah taman kanak-kanak Aisyiyah dan SD Muhammadiyah 1.

Jam pulang sekolah, anak-anak SD Muhammadiyah 1 tampak bermain-main di lapangan depan sekolah mereka. Sebagian besar di antaranya memilih duduk dan bermain di dalam Masjid Al Ikhlas, yang berada di bagian depan sekolah tersebut, di sebelah timur. 

Orang tua siswa atau para penjemput pun memilih menunggu di halaman masjid. Beberapa dari mereka terlihat bercengkerama dengan anak atau sesama wali murid. Anak-anak yang belum dijemput, berada di dalam masjid dan bermain. Tak jarang, mengeluarkan suara keras.

Ibnu Nurji’in At Thoriq, imam Masjid Al Ikhlas tersenyum melihat keriangan mereka. Ia menyapa satu per satu anak-anak itu. Tak jarang mereka meminta tos. ”Assalamualaikum, Ustaz Thoriq,” ujar salah seorang. ”Wallaikumsalam. Eh, jangan lupa nanti salat Asar ya,” jawabnya.

Pengurus Masjid Al Ikhlas membebaskan anak-anak bermain di dalam. Tak kurang, mereka menyediakan fasilitas seperti ruang baca, bahkan wifi gratis. ”Tanpa password. Langsung log in. Tersambung. Boleh dipakai sesukanya,” ungkapnya. 

Maka tak jarang, terdapat beberapa anak yang kerasan berada di masjid sembari bermain smartphone. ”Banyak yang wifi-an, lalu main Mobile Legend di sini. Mending di sini, di masjid. Daripada mereka nongkrong di tempat yang enggak jelas,” terang ustaz asli Jember itu. 

Dengan bermain di dalam masjid, secara tidak langsung anak-anak akan tahu waktu dan etika. Bila tiba waktu salat, mereka tentu akan meletakkan smartphone dan ikut salat berjamaah. Jika di warung kopi, hal itu tak mungkin terjadi.

Masjid Al Ikhlas memang membangun imej sebagai Masjid Ramah Anak. Apalagi dalam kompleks masjid yang dikelola oleh Muhammadiyah itu terdapat sekolah PAUD/TK Aisyiyah dan SD Muhammadiyah 1. Maka kedua sekolah tersebut kerap menggunakan masjid sebagai sarana belajar agama. Seperti salat, belajar tahfiz dan BTQ atau Baca Tulis Quran yang dilakukan di lantai dua masjid itu.

Lokasinya berada di ujung Perumahan Delta Sari Indah. Di sudut kompleks Perumahan Delta Sari, sebuah kompleks perumahan mewah di Sidoarjo. Sebenarnya, masjid tersebut berada di antara kampung Kureksari dan perumahan Delta Sari. 

Secara alamat masuk kawasan Jalan Anggrek, Desa Kureksari. Tapi jika ditanya tentang masjid kompleks Perumahan Delta Sari, maka semua orang akan menunjuk Al Ikhlas. 

Apalagi terdapat imbuhan nama Delta Sari Indah di belakang masjid tersebut.


Ustaz Ibnu Nurji'in At-Thoriq, imam Masjid Al Ikhlas, ingin mewujudkan Al Ikhlas sebagai masjid yang ramah anak-anak.-Syahrul Rozak-

”Secara ketakmiran kami melebur. Ada takmir dari warga Desa Kureksari, ada yang dari perumahan. Kami tidak membeda-bedakan. Warga di sini bukan objek. Melainkan subjek,” ungkapnya. 

Warga kompleks Perumahan Delta Sari pun sebagian besar melakukan ibadah salat berjamaah di masjid tersebut. Selain merupakan masjid terbesar, lahan parkirnya juga luas. Apalagi kajian-kajian yang diselenggarakan pun berkualitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: