Rayu FIFA Lagi Agar Piala Dunia U-20 Tidak Batal

Rayu FIFA Lagi Agar Piala Dunia U-20 Tidak Batal

Presiden FIFA Gianni Infantino-JOHAN ORDONEZ-AFP-

JAKARTA HARIAN DISWAY - Ini ujian berat bagi Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Piala Dunia U-20 yang digadang-gadang selama ini tiba-tiba terancam batal. Drawing Piala Dunia U-20 yang dijadwalkan digelar di Bali pada 31 Maret 2023 secara resmi dibatalkan oleh FIFA. 

Rupanya FIFA ngambek. Mungkin juga marah. Salah satu peserta Piala Dunia U-20, Israel, jadi persoalan di Indonesia. Dua gubernur dari partai penguasa negeri ini menolak kedatangan Israel. Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. DPD PDIP dari berbagai provinsi juga menolak.

"Pembatalan ini wajar terjadi karena sebelumnya pemerintah Bali telah melakukan perjanjian, namun tiba-tiba menolak," ujar Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga saat konferensi pers di GBK Arena, Jakarta, Minggu, 26 Maret 2023.

FIFA belum memberikan kejelasan mengenai kapan dan di mana drawing dilaksanakan. Saat ini, kata Arya Erick Thohir sedang berkoordinasi dengan Kementerian Luar negeri dan Kemenpora. PSSI tengah mengupayakan cara untuk merebut kembali hati FIFA. 

"Khususnya agar sepak bola Indonesia tidak dikucilkan dalam sebuah ekosistem sepak bola FIFA," kata Arya. Persoalan ini akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.  (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: