Konser Doeloe dan Kini, Indah Kurnia Hadirkan Penari THR

Konser Doeloe dan Kini, Indah Kurnia Hadirkan Penari THR

INDAH Kurnia menari bersama para penari tradisional yang dulu biasa tampil di THR, Surabaya. -FOTO: BOY SLAMET-Harian Disway-

SURABAYA, Disway.id – INI salah satu bentuk kepedulian Indah Kurnia terhadap seniman. Anggota komisi XI DPR RI itu kembali menggelar konser musik, Sabtu (23/4/2022). Bertempat di Amphitheater Pakuwon City Mall, Surabaya, konser ini bertajuk Doeloe dan Kini 2. Ini memang konser kedua. Sebelumnya, acara serupa digelar bulan lalu. Indah Kurnia yang menjadi host-nya.

Menurut Indah, pada konser bulan lalu, responsnya cukup bagus. Baik penonton maupun pengisi acara. Banyak penyanyi lama ingin ikut. Sebab, sejak pandemi mereka tidak pernah dapat panggung. Beberapa penyanyi kawakan tampil, antara lain Evina, Miniarti, dan Puri Rahayu. 

"Lalu ada usulan dari Ronny, programmer musiknya, bagaimana kalau dibuat April ini mumpung ada momentum Hari Kartini. Ya sudah dia mau kerjakan, saya setuju," kata Indah Kurnia setelah konser. 

PEMUSIK tuna netra Kiki tampil di Konser Doeloe dan Kini yang digagas Indah Kurnia (23/4/2022). Foto: BOY SLAMET-Harian Disway

Karena memperingati Hari Kartini, semua yang tampil adalah perempuan. Kecuali pemain musiknya ada yang laki-laki. Yang istimewa pada konser kali ini adalah penampilan penari tradisional yang usianyi di atas 60 tahun. "Mereka dulu penari di THR (Taman Hiburan Rakyat) yang sekarang tutup," kata Indah. 

Penampilan penari ini, kata Indah, sebagai apresiasi bagi seniman tradisional yang merupakan bagian dari sejarah kesenian di Surabaya. "Saya masih sering mengunjungi teman-teman ludruk, wayang orang, ketoprak. Sekarang nggak ada tempat lagi. Dulu waktu kecil saya sering nonton di THR dengan Ibu saya. Saya juga bisa nari wayang. Itu memori yang indah sekali," kata perempuan kelahiran 11 Agustus 1962 itu. (*)

Ani Budiman menyanyikan lagu keroncong berjudul Keroncong Moresko di Konser Indah Kurnia (23/4/2022). Foto: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: