Cek Keaslian Kosmetik dengan Dua Langkah Mudah Ini

Cek Keaslian Kosmetik dengan Dua Langkah Mudah Ini

Tangkapan layar situs resmi Cek BPOM-cekbpom.pom.go.id-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Ramadan nyaris memasuki minggu kedua, banyak pedagang berlomba-lomba menawarkan produk andalan mereka dengan berbagai macam diskon menarik dalam rangka memeriahkan momen yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim.

Hal tersebut turut dimanfaatkan oleh jajaran toko daring alias online untuk memasarkan produk mereka dengan rangkaian promo menarik. Terutama di sektor fesyen dan kecantikan, para konsumen akan berbodong-bondong berburu diskon produk kecantikan guna tampil cantik saat Lebaran nanti.

Namun, perlu hati-hati karena tidak semua toko terutama toko online menjual produk kecantikan dengan label BPOM. Jangan tergoda dengan harga miring selama bulan Ramadan. Bisa-bisa produk yang dibeli ternyata produk palsu alias KW.

Selain ilegal, penggunaan produk kecantikan seperti kosmetik KW sangat berisiko bagi kesehatan. Sebab kandungan kimia yang ada di dalam kosmetik KW atau tiruan tidak jelas dari mana asalnya. Belum lagi jika kadar bahan kimia berbahaya sangat tinggi ditemukan di kosmetik KW. Alih-alih tampak cantik dan bersinar, justru malah membuat kantong kering lantaran habis untuk menambal kerusakan kulit akibat kosmetik KW.

Tidak perlu risau, karena ada cara mudah untuk cek keaslian kosmetik yang dibeli cukup dengan dua cara ini. Bagaimana caranya? Umunya, cara cek keaslian kosmetik dengan melihat informasi komposisi yang tertera di label. Biasanya kosmetik asli dan legal tercantum nomor BPOM di labelnya. Hal ini sebagai bukti kalau produk kecantikan yang dimaksud telah teruji klinis sehingga aman digunakan.

Selain cara itu, bisa lakukan dengan cara berikut:

1. Lewat laman resmi BPOM

  • Buka laman resmi BPOM di https://cekbpom.pom.go.id
  • Pilih kolom Cari Berdasarkan dan pilih Nomor Registrasi.
  • Lengkapi data yang dibutuhkan seperti nomor registrasi, nama produk, dan merek (pilih salah satu saja).
  • Klik tombol cari.
  • Tunggu beberapa saat lalu data akan muncul, seperti nomor registrasi, nama produk, tanggal terbit, jenis produk, diterbitkan oleh, bentuk produk, merek, kemasan, pendaftar, dan produsen.
  • Kalau informasi tersebut muncul, bisa pastikan bahwa produk kosmetik yang dicek adalah asli karena terdaftar di BPOM.

2. Lewat aplikasi Cek BPOM

  • Unduh aplikasi Cek BPOM yang ada di Play Store.
  • Di halaman utama, klik Semua Produk lalu pilih pencarian berdasarkan kategori produk di BPOM.
  • Selanjutnya, pilih ‘Nomor registrasi’ atau ‘Scan Produk’ kalau produk kosmetik kamu terdapat barcode.
  • Lengkapi informasi yang dibutuhkan berupa nomor izin edar BPOM yang tercantum pada kemasan kosmetik.
  • Klik tombol cari.
  • Sama halnya dengan lewat situs, setelah klik tombol cari tunggu beberapa saat hingga data kosmetik terpajang.

Begitulah cara mudah cek keaslian kosmetik yang dibeli. Ingat, jangan tergoda oleh harga murah karena berisiko barang KW alias palsu. Selamat mencoba! (Radinka Daynara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: