Antisipasi Banjir Tambak Wedi, Warga dan DLH Kerja Bakti Sambil Puasa

Antisipasi Banjir Tambak Wedi, Warga dan DLH Kerja Bakti Sambil Puasa

Lurah Tambak Wedi dan Warga Sekitar Melakukan Kerja Bakti Membersihkan Lingkungan-Dok. Istimewa-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Ramadan bukan halangan bagi warga Tambak Wedi untuk menggeler kerja bakti. Warga dibantu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya, membersihkan saluran air, Minggu, 2 April 2023.

 

Hari masih pagi, namun warga telah berkumpul. Mereka memenuhi jalanan, membawa peralatan. Bukan kegaduhan, namun gotong royong. Kerja bakti di dua titik, Kompleks KMS dan sekitaran Jalan Kali Tebu.

 

Acara itu melibatkan staf Kelurahan Tambak Wedi dan warga sekitar yang bekerjasama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya, serta satgas Kecamatan Kenjeran.

 

Kegelisahan warga sekitar mengenai sampah yang mulai menggunung di sekitar Jalan Kali Tebu, Kelurahan Kenjeran, menjadi pemantiknya. Sampah tersebut berasal dari limbah rumah tangga yang dibuang ke saluran air. 

 


Para warga sedang membersikan lingkungan di sekitar Jalan Kali Tebu, Surabaya.-Dok. Istimewa-

 

Kebanyakan yang membuang sampah di Jalan Kali Tebu dan Komplek KMS bukan warga Tambak Wedi, melainkan warga dari luar.

 

Kerja bakti digelar satu hingga dua kali sebulan. "Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga kekompakan warga, pengurus RT, RW, dan LPMK. Acara kerja bakti ini juga sejalan dengan program kerja kampung sehat dan bersih," ujar Matlila, Lurah Tambak Wedi.

 

Matlila mengapresiasi warga karena semangat bergotong royongnya tidak padam di bulan puasa. Peran aktif masyarakat sangat diperlukan dalam menjaga lingkungan. Pemerintah memberikan sosialisasi dan masyarakat menerapkan.

 

Harapannya, seluruh struktur di masyarakat dapat menjaga kekompakan untuk bersama-bersama peduli dan menjaga lingkungan tempat tinggal.

 

"Puasa bukan menjadi halangan. Karena kebersihan merupakan sebagian dari iman," ucapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: