Berbagi Musik lewat Spotify Blend

Berbagi Musik lewat Spotify Blend

Tangkapan layar iklan Spotify Blend-Spotify-dok. istimewa

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Sebelum Spotify hadir dan diunduh hampir 400 juta orang lebih di seluruh dunia, ada istilah mixtape. Generasi 80an dan 90an pasti tidak asing dengan istilah beken tersebut. mixtape adalah kompilasi lagu-lagu pilihan dari bermacam sumber yang direkam ke dalam suatu medium, biasanya berupa kaset atau CD (compact disc).

Dahulu, mixtape dibuat baik untuk keperluan pribadi maupun dibagikan kepada orang terkasih. Biasanya orang-orang dari generasi 80-90an membuat mixtape untuk dihadiahkan kepada teman ataupun kekasih sebagai kado ulang tahun. Namun, ada pula yang memberi mixtape hanya sekadar untuk berbagi rekomendasi playlist favorit.

Memasuki tahun 2010an, nama mixtape agaknya tidak bergema seperti dua puluh tahun silam. Terlebih teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih, menghadirkan internet ke dalam kehidupan sehari-hari agaknya mengikis keberadaan mixtape. Kini sebagian besar orang lebih memilih mendengarkan musik lewat media streaming seperti Spotify dan sejenisnya.

Lantas, apakah dengan adanya media streaming musik benar-benar menggeser keberadaan mixtape? Tidak juga. Dengan Spotify, pengguna bisa menciptakan mixtape digital untuk dibagikan kepada teman atau orang terkasih. Pengguna bisa menciptakan playlist berisi tembang-tembang pilihan kemudian membagikannya lewat fitur share. Selain metode tadi, pengguna juga bisa mengkustomisasi mixtape yang diperbarui setiap harinya secara otomatis lewat fitur Spotify Blend.

Meski sudah meluncur dari awal Juni 2021 lalu, banyak yang belum tahu fitur canggih dari aplikasi besutan pengembang teknologi asal Swedia ini. Fitur Blend diciptakan sebagai sarana untuk menjembatani selera musik antara dua pengguna dengan selera musik yang bisa jadi berbeda. Pengguna bisa membuat mixtape unik lewat fitur ini.

Baik pengguna Spotify Premium maupun gratis bisa menggunakan fitur Blend untuk membuat mixtape dan menguji kompabilitas musik dengan orang yang diundang. Tak hanya itu, fitur ini memudahkan pengguna untuk mencari agu-lagu yang belum pernah didengar sebelumnya. Lantas bagaimana cara kerja fitur Blend dari Spotify? Simak cara simpel berikut:

1. Buka aplikasi Spotify di ponsel lalu cari kolom search di beranda.

2. Ketik kata kunci blend lalu enter. Selanjutnya akan muncul hasil pencarian seperti gambar di bawah.


Tangkapan layar aplikasi Spotify-Radinka Daynara-dok. pribadi

3. Pilih Blend lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini, pilih opsi invite.


Tangkapan layar aplikasi Spotify-Radinka Daynara-dok. pribadi

4. Nantinya pengguna akan diberi opsi invitation lewat aplikasi media sosial seperti WhatsApp, Line, Twitter, dan sebagainya.

5. Pilih siapa teman atau kerabat yang ingin diajak mencoba fitur Blend.

6. Tunggu hingga teman atau kerabat merespon, jika sudah maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini dan selesai.


Tangkapan layar aplikasi Spotify-Radinka Daynara-dok. pribadi

Itulah cara mudah pakai fitur Blend di Spotify. Kini berbagi rekomendasi musik semakin mudah dan tidak membosankan. Tertarik untuk mencoba? (Radinka Daynara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: