Tim Putri Indonesia Langsung Jumpa Thailand

Tim Putri Indonesia Langsung Jumpa Thailand

Megawati Hangestri Pertiwi menjadi salah satu pemain andalan Indonesia di SEA Games 2023 nanti.-Proliga-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Skuad bola voli putri Indonesia harus bekerja keras di SEA Games XXXII 2023 di Kamboja. Sebab, berdasar hasil drawing, Megawati Hangestri Pertiwi dan kawan-kawan akan berhadapan dengan Thailand di babak grup. Hasil yang berbeda justru diperoleh tim putra. Skuad Merah Putih bakal satu grup dengan tuan rumah Kamboja.

Berdasar hasil undian yang dilakukan pada Rabu, 5 April 2023, tim putri Indonesia berada di grup A. Mereka bakal bertemu Thailand, Myanmar, dan Malaysia. Sementara itu, grup B bakal mempertemukan Vietnam, Kamboja, Filipina, dan Singapura.

Satu grup dengan Thailand membuat perjalanan tim putri Indonesia bakal berat. Sebab, srikandi Thailand merupakan penguasa voli di Asia Tenggara selama hampir tiga dekade. Mereka merebut medali emas sejak SEA Games 1995 hingga saat ini. Pertandingan di kelompok putri akan dihelat pada 9–14 Mei.

Sementara itu, tim putra Indonesia yang selalu memperoleh medali emas dalam dua edisi terakhir SEA Games tbergabung di grup A bersama Kamboja dan Singapura. Sedangkan grup B diisi Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Myanmar.

Grup A hanya terdiri atas tiga negara karena Filipina tidak menurunkan tim putra di SEA Games tahun ini. Laga di kelompok putra akan berlangsung 3–8 Mei di Elephant Hall 2 di kompleks Morodok Techo.

Sementara itu, tim putra dan putri Indonesia sedang menjalani pemusatan latihan di Padepokan Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor Jawa Barat (Jabar), sejak awal bulan ini. Khusus tim putra, belum seluruh pemain gabung ke Bogor. Ada dua nama yang belum menunjukkan batang hidungnya, yakni Rivan Nurmulki dan Dony Haryono.

Loudry Maspaitella, penanggung jawab tim nasional bola voli Indonesia, menjelaskan bahwa Rivan belum gabung karena masih memiliki urusan dinas kepolisian di Surabaya. Penggawa Surabaya BIN Samator itu diperkirakan hadir pada Kamis, 6 April 2023. ”Rivan masih punya komitmen dan motivasi untuk meraih emas bagi Indonesia,” ujar Loudry.

Khusus Dony Haryono, saat ini sang pemain masih berada di Jepang. Pemain 24 tahun kelahiran Magelang itu berkiprah di Liga Jepang bersama Nagano Tridents. Dony tiba di Indonesia pada pertengahan April mendatang. ”Dony baru bergabung pada 18 April. Sebab, ia akan pulang ke orang tuannya dulu,” jelas mantan tosser andalan Indonesia tersebut.

Asisten pelatih tim putra Erwin Rusni menambahkan, absennya Rivan dan Dony tidak mengganggu latihan timnas Indonesia. ”Kami memanfaatkan pemain yang ada saat ini,” katanya. Menurut Erwin, tim pelatih yang dikomando Jeff Jiang itu akan mencari enam pemain terbaik dan paling pas untuk tim inti. (*)

Hasil Drawing Voli Indoor SEA Games 2023

*Putra

Grup A
Indonesia
Kamboja
Singapura

Grup B
Vietnam
Thailand
Malaysia
Myanmar

*Putri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: