Umat Kristiani Rayakan Kamis Putih, Basuh Kaki Tanda Pelayanan

Umat Kristiani Rayakan Kamis Putih, Basuh Kaki Tanda Pelayanan

Prosesi pembasuhan kaki di GKJW Karangpilang Surabaya.-Elvina Talitha Alawiyah-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Rangkaian Pekan Suci menyambut Paskah terus bergulir. Kamis, 6 April 2023, umat menjalani ibadah Kamis Putih. Inilah momen untuk mengenang perjamuan terakhir Yesus dengan 12 muridnya. Pada perjamuan itu, Yesus membasuh kaki para murid. Simbol kerendahan hati dan spirit pelayanan.

 

Di Paroki Hati Kudus Yesus Katedral, misa pukul 18.00 dipimpin langsung oleh Uskup Surabaya Mgr Vincentius Sutikno Wisaksono. Pemimpin Gereja Katolik di wilayah Keuskupan Surabaya (mulai Surabaya hingga Rembang, Jawa Tengah) tersebut juga membasuh kaki 12 umat di tengah misa. ’’Ini kesempatan bagi kita untuk melakukan seperti teladan Yesus. Mau merendahkan diri untuk melayani di tengah kesuciannya,’’ ujar Uskup.

 

Ibadah serupa juga dilakukan di Greja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Karangpilang yang dilayani oleh Pdt Dwi Hastuti. Juga di Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Jemaat Immanuel yang dilayani Pdt Hellena J. Joseph-Mouw. Tetapi, di GPIB tidak ada pembasuhan kaki. “Ini ibadah Kamis Putih yang pertama kita lakukan pasca Covid-19,” ungkap Hellena seusai kebaktian di gereja yang terletak di Jalan Bubutan tersebut. (Michael Fredy Yacob/Putri Oktavianus Loeran/Dave Yehosua Tiranda Bongga)

 


Ibadah khusyuk untuk memperingati Kamis Putih di GPIB Immanuel, Jalan Bubutan, Surabaya.-Erni Prasetyo-Harian Disway-

 


Perarakan untuk mengawali misa Kamis Putih di Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, Katedral Surabaya, Kamis, 6 April 2023.-Erni Prasetyo-Harian Disway-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: