99 GenZi Bantu Masjid Al Akbar Surabaya Gelar Qiyamul Lail

99 GenZi Bantu Masjid Al Akbar Surabaya Gelar Qiyamul Lail

Pengunjung Masjid Al Akbar Surabaya berfoto dengan latar belakang air mancur. -FOTO: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Masjid Nasional Al Akbar Surabaya telah mempersiapkan acara Qiyamul Lail 10 Hari Akhir Ramadhan yang akan dimulai pada Rabu (12/4/2023) dinihari, bertepatan dengan Malam 21 Ramadhan. Inovasi terbaru dalam pelayanan kepada jamaah adalah melibatkan 99 relawan GenZi (Generasi Z Islami) yang akan menjadi among tamu dan guide selama acara tersebut.

Helmy M Noor, Humas Masjid Al Akbar, di Surabaya, Senin (10/4/2023) mengatakan, "Yang membanggakan, antusiasme para GenZi untuk menjadi relawan Qiyamul Lail sangat tinggi. Insyaallah baru kali ini di Indonesia ada Relawan GenZi untuk Qiyamul Lail." Para relawan GenZi akan diberikan ID Card dan Bimtek agar mereka dapat menjadi among tamu yang baik.

Acara Qiyamul Lail 10 Hari Akhir Ramadhan akan dipimpin oleh dua imam qiyamul lail yang akan bergantian setiap 2 hari sekali, yakni KH Abdul Hamid Abdullah SH dan KH Ahmad Muzakky Alhafidz.

Qiyamul lail akan dimulai pada pukul 01.00 - 01.30 WIB dengan agenda Tausiyah, Dzikir dan Muhasabah. Kemudian pada pukul 01.30 - 03.00 WIB, akan dilaksanakan Sholat Tahajud 4 rokaat 2 salam, Sholat Tasbih 4 rokaat 2 salam, sholat hajat 2 rokaat, dan diakhiri dengan sujud syukur.

Acara Qiyamul Lail akan selesai pada pukul 03.00 WIB, lalu jamaah akan melaksanakan makan sahur. Helmy mengingatkan agar jamaah membawa bekal sahur sendiri mengingat ketersediaan sahur yang terbatas.

Selain melibatkan relawan GenZi, Masjid Al Akbar juga telah menerbitkan Peta Qiyamul Lail yang berisi klasterisasi jamaah dan akses masuknya, untuk kelancaran dan kenyamanan ibadah qiyamul lail.

Jamaah perempuan akan berada di zona C, D, dan G, dengan akses masuk melalui pintu nomor 2, 5, 19, 21, dan 22. Jamaah pria akan berada di zona A dan B, dengan akses masuk melalui lorong antara pintu 5 dan 6, lorong antara pintu 41 dan 44, serta pintu 23, 25, 41, dan 44. Sementara itu, untuk jamaah keluarga (ayah, ibu, dan anak), akan disediakan zona E dan F atau kawasan air mancur.

Helmy juga menjelaskan bahwa pihak masjid telah menyiapkan posko kesehatan, paramedis, dan ambulans untuk jamaah yang memerlukan. Posko kesehatan akan berada di area air mancur, dengan dokter dan para medis serta ambulans yang siap siaga. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: