Pelaku Ganti QRIS, Maling Modus Baru

Pelaku Ganti QRIS, Maling Modus Baru

Ilustrasi pencurian kotak amal masjid. Pencurian dengan memakai QRIS "palsu".--

Pencurian modus baru muncul di Jakarta. Pelaku mengganti QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) kotak amal masjid. Sumbangan jamaah masuk rekening pelaku. Ia sudah ditangkap. Namanya M. Iman Mahlil Lubis, 39.

DIREKTUR Reserse Kriminal Khusus, Polda Metro Jaya, Kombes Auliansyah Lubis kepada pers, Selasa, 11 April  2023, menerangkan, pelaku saat beraksi terekam kamera CCTV masjid. Sudah ditangkap dan ditahan.

Kasus itu awalnya viral di medsos. Instagram @redasamudera.id menayangkan caption sebagaimana berikut ini.

”Hati-hati! Terutama para DKM Masjid .... Telah terjadi modus penipuan mengganti barcode QRIS kotak amal Masjid Nurul Iman Blok M Square Jakarta Selatan Lantai 7.” 

Di situ tampak seorang pria berkacamata, berbaju biru, celana biru. Berada di dekat kotak amal masjid. Lalu, mendekati kotak amal. Lalu, melakukan sesuatu di situ.

Setelah viral, polisi melacak. Mendatangi Masjid Nurul Iman, Blok M, Jaksel. Memeriksa saksi-saksi. 

Kombes Auliansyah: ”Salah satu marbot menanyakan kepada pengurus masjid lain, siapa yang menempel QRIS di tembok masjid tersebut. Kemudian, pengurus atau DKM masjid mengatakan tidak tahu siapa yang menempelnya.” 

Polisi memeriksa rekaman CCTV masjid. Lantas, memburu pelaku, yang akhirnya ditangkap. Ditahan di Mapolda Metro Jaya.

Auliansyah: ”Kami kembangkan terhadap yang bersangkutan. Ternyata ada padanya QRIS lain yang belum ditempel, dan akan dilakukan penempelan.”

Dalam pemeriksaan, tersangka Iman mengaku sudah melakukan itu di 38 masjid. Semuanya di Jakarta. Ia lakukan sejak 1 April 2023. Dari perbuatannya, ia mencuri Rp 13 juta.

Tersangka Iman ternyata bekas karyawan bank. Sebenarnya, pencurian itu bisa dilakukan siapa saja. Tapi, ”orang bank” lebih dulu melakukannya.

Setelah dimuat di media massa, berita kasus itu makin heboh. Marbot masjid-masjid di Jakarta memeriksa lokasi di sekitar kotak amal masjid mereka. Ternyata memang QRIS di beberapa masjid sudah terganti. Ada yang ditumpangi (QRIS asli milik masjid ditimpa stiker QRIS lain yang ternyata milik tersangka).

Itu, antara lain, di Masjid Istiqlal. Masjid Thamrin Residence. Masjid Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta. Masjid Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, dan Masjid Nurul Iman Blok M. 

Pada 6 Maret 2023 di Masjid Nurullah, Kalibata. Lalu, 7 April 2023 di Masjid Istiqlal dan Masjid Al Azhar. Kemudian, 9 April 2023 di Masjid Nurul Iman, Blok M. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: