Animo Penumpang Tinggi, Khofifah Luncurkan Tambahan 10 Bus Transjatim

Animo Penumpang Tinggi, Khofifah Luncurkan Tambahan 10 Bus Transjatim

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kanan) dan Wabup Gresik Aminatun Habibah memecahkan kendi sebagai simbol peluncuran 10 busa tambahan Transjatim di halaman Pendapa Kabupaten Gresik, 14 April 2023. -Foto: Humas Pemprov Jatim-

GRESIK, HARIAN DISWAY - Sejak diluncurkan pertama kali pada 19 Agustus 2022, delapan bulan silam, bus Transjatim Koridor I (Gresik-Surabaya-Sidoarjo) mendapat respons positif masyarakat. Animo penumpang sangat besar. Load factor-nya di atas 100 persen. 

Selain nyaman, tarifnya juga supermurah. Hanya Rp 5 ribu untuk masyarakat umum dan Rp 2.500 untuk pelajar. Karena itulah, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menambah lagi armada bus Transjatim yakni 10 bus. Sehingga saat ini ada 30 bus yang beroperasi. Peluncuran armada tambahan itu dilakukan di halaman Kantor Pemkab Gresik, Jumat, 14 April 2023. 

Khofifah berharap penambahan bus tersebut bisa mengurangi waktu tunggu para penumpang. Kalau sebelumnya penumpang bisa menunggu bus selama 30 menit, kini hanya 15 menit. Bahkan bisa sampai 10 menit. Sehingga keluhan adanya penumpukan penumpang di halte diharapkan tidak ada lagi.

"Mari masyarakat Jawa Timur manfaatkan bus Transjatim yang operasionalnya dimulai pada pukul 05.00 sampai dengan pukul 21.00 dengan tarif yang terjangkau," kata Khofifah.


Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan sambutan saat peluncuran penambahan armada Transjatim koridor I (Gresik, Surabaya, Sidoarjo) di halaman pendapa Kabupaten Gresik, 14 April 2023. -Foto: Humas Pemprov Jatim-

Transjatim, kata Khofifah, harus memberikan pelayanan yang nyaman, aman, tepat waktu, dan terjangkau kepada masyarakat. Juga akan berkontribusi menurunkan angka kecelakaan lalu lintas jalan, mengurai kemacetan, serta mendongkrak pergerakan orang agar pertumbuhan ekonomi tumbuh lebih cepat. 

"Mohon doa agar koridor II dan Koridor III dapat kami luncurkan tahun 2023," kata ketua PBNU itu. 

Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Suharto yang hadir di acara tersebut senang menjadi salah satu saksi sejarah bagaimana suksesnya transformasi angkutan umum di Jawa Timur. Mulai dari peresmian Transjatim hingga saat ini penambahan armada.

"Ini sungguh luar biasa, suatu perubahan transformasi yang ada di wilayah Jawa Timur. Saya kira Jawa Timur sudah menjadi barometer untuk banyak daerah,” ujarnya.


Wabup Gresik Aminatun Habibah menerima replika bus Transjatim oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa . -Foto: Humas Pemprov Jatim-

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah berterima kasih kepada Khofifah yang sudah menjadikan kabupaten Gresik sebagai salah satu koridor yang dilewati oleh Transjatim. "Banyak warga kami yang merasa sangat terbantu dengan adanya Transjatim. Dan saya pribadi selalu mengampanyekan adanya Transjatim ini kepada seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Gresik,” katanya.

Aminatun berharap ke depan ada Transjatim yang ke Lamongan. Terutama di daerah Paciran yang lalu lintasnya padat banyak terjadi kecelakaan. 

Kadishub Jatim Nyono merinci rata rata penumpang pada Januari 2023 mencapai 107.368 penumpang dengan load factor 125 persen. Pada Februari sebanyak 96.347 penumpang dan load factor 124 persen. Dan pada Maret mencapai 102.457 penumpang dengan load factor 130 persen. Jadi rata-rata load factor sepanjang 2023 mencapai 126,33 persen. 

Operasional Transjatim dilengkapi teknologi seperti running text yang mampu mengeluarkan suara secara otomatis dengan jarak 5 meter dari titik halte ke penumpang. Gunanya untuk memberikan informasi halte terdekat yang akan disinggahi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: