Waktunya Gregoria Unjuk Gigi di BAC

Waktunya Gregoria Unjuk Gigi di BAC

Gregoria Mariska Tunjung diharapkan membawa pulang gelar juara di nomor tunggal putri di Kejuaraan Badminton Asia (BAC) 2023. Event ini digelar di Dubai, Uni Emirat Arab pada 25-30 April.-Humas PBSI-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Tiga medali emas ditargetkan oleh tim bulu tangkis Indonesia dalam ajang Kejuaraan Badminton Asia (BAC) 2023 yang berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab, pada 25–30 April. Tiga emas itu diharapkan diperoleh dari nomor tunggal putra, ganda putra, dan tunggal putri. Tim Merah Putih akan diperkuat 20 pebulu tangkis dalam event yang akan berlangsung di Syekh Rashid bin Hamdan Indoor Hall itu.

Target tiga medali emas lebih besar daripada yang diperoleh Indonesia di ajang serupa pada tahun lalu. Dalam BAC 2022 yang dilangsungkan di Muntinlupa Sports Complex di Manila, Filipina, tim Merah Putih hanya merebut satu gelar juara di nomor ganda putra melalui pasangan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky menjelaskan, sektor ganda putra masih menjadi salah satu tumpuan Indonesia di ajang tersebut. Indonesia akan mengirimkan empat pasangan di sektor itu. Termasuk Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. ”Dari ganda putra, kita dominan. Tapi, jangan anggap enteng,” ucap Rionny seperti dilansir Antara.

Selain itu, lanjut Rionny, Indonesia memiliki peluang juara di nomor tunggal putra. Indonesia memasang trisula Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Chico Aura Dwi Wardoyo. Serta, Shesar Hiren Rhustavito sebagai pemain cadangan. ”Saya rasa dari latihan ada rasa penasaran. Ini yang terbaik dari mereka untuk tunggal putra,” imbuh Rionny.

Sementara itu, Gregoria Mariska Tunjung diharapkan memberikan gelar untuk Indonesia di sektor tunggal putri. Pebulu tangkis 23 tahun kelahiran Wonogiri tersebut sedang di atas angin menyusul kesuksesannyi menjuarai Spain Masters beberapa waktu lalu. ”Gregoria kemarin sempat juara. Jadi, kami siapkan lagi. Saya targetkan juara lagi,” papar Rionny.

Berkaca pada hasil di Spain Masters dua pekan lalu, saat Gregoria meraih gelar juara BWF World Tour perdana dalam kariernya, PBSI optimistis prestasi tersebut akan memberikan motivasi lebih untuk kembali meraih gelar juara. Menurut Rionny, Gregoria sudah berkembang sangat pesat. Dia dianggap sudah bisa mengatasi masalah mental dan kepercayaan diri saat berada di lapangan.

Selain itu, target juara di BAC diharapkan membuat Gregoria makin berani menunjukkan tajinya untuk ikut dalam Olimpiade 2024 di Paris. Apalagi, fase kualifikasi menuju Olimpiade akan dimulai bulan depan. Rionny berharap agar Gregoria sudah mulai terbiasa dengan target-target tinggi dari PBSI. Dengan demikian, dia tidak sekadar berpartisipasi, tapi juga menjadi penantang gelar juara. ”Harus terbiasa dengan target juara. Kalau tidak, mana mungkin kita meraih Olimpiade,” tegas Rionny. (*)

Tim Indonesia untuk Kejuaraan Badminton Asia (BAC) 2023

Tunggal putra
1. Jonatan Christie
2. Anthony Sinisuka Ginting
3. Chico Aura Dwi Wardoyo
4. Shesar Hiren Rhustavito (cadangan)

Tunggal putri
1. Gregoria Mariska Tunjung
2. Putri Kusuma Wardani
3. Komang Ayu Cahya Dewi
4. Ester Nurumi Tri Wardoyo (cadangan)

Ganda putra
1. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
2. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan
3. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin
4. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Ganda putri
1. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti
2. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi
3. Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto
4. Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari

Ganda campuran
1. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
2. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
3. Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja
4. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: