Empat Sehat Lima Sempurna SWK Ala AH Thony

Empat Sehat Lima Sempurna SWK Ala AH Thony

Anggota Komisi A DPRD Surabaya Imam Syafii saat memberikan bingkisan untuk petugas kebersihan DLH Surabaya di SWK Embong Sawo.-Salman Muhiddin/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Road Show SURABAYA Tourism Awards 2023 hari kesepuluh berlanjut di SWK Siwalankerto dan Embong Sawo, Jumat, 14 April 2023. Wakil Ketua DPRD SURABAYA A.H. Thony dan anggota DPRD SURABAYA Imam Syafii hadir untuk buka bersama di dua finalis SWK pada babak 20 besar itu. 

A.H. Thony mencicipi soto terenak di Kecamatan Wonocolo dari Depot Cak Ndul SWK Siwalankerto. Rupanya politikus Gerindra itu sudah langganan di tempat tersebut. ”Saya tahu gimana sejarah teman-teman, termasuk Cak Har saat berjuang dari sepi sampai seramai ini,” ujar Gus Thony, panggilan akrabnya. 


Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony dan Kepala Bidang Usaha Mikro Dinas Koperasi dan UKM Surabaya Nurul Fadillah mencicipi Soto Cak Ndul yang dapat gelar Soto Terenak di Kecamatan Wonocolo saat berbuka puasa di SWK Siwalankerto Surabaya, Jumat, 14 April-Syahrul Rozak Yahya/Harian Disway-

Menurutnya, SWK Siwalankerto sudah menerapkan konsep empat sehat lima sempurna versi pribadinya: enak, bersih, cantik, aman, dan untung. Karena itu, Thony tidak kaget SWK yang dikunjungi masuk 20 besar. 

”Akan jadi sempurna kalau untung. Jadi, kalau empat sehatnya ada, tetapi enggak untung, ya percuma,” jelasnya. Thony juga meminta data pemetaan SWK. Harus dibedakan mana SWK unggulan, standar, dan sepi. ”Nanti yang sepi biar dicarikan dukun,” guraunya, memecah suasana menjadi riang. 


Pemberian Penghargaan kepada Stand Cak Ndul dan Depot Bu Katini oleh Camat Siwalankerto Muslich Hariadi di SWK Siwalankerto, Jumat, 14 April 2023.-Syahrul Rozak Yahya/Harian Disway-

Di SWK Embong Sawo, legislator asal Nasdem Imam Syafii didampingi Lurah Kaliasin Sunardi. Kata Pak Lurah, ada hidden gem di SWK mungil di tengah kota itu. ”Di pojokan ada kopi enak banget,” ujar Sunardi. 

Kedai Simple milik Yanti menjual berbagai kopi Nusantara ala kafe dengan harga miring. Segelas robusta Vietnam Drip cuma Rp 15 ribu. 


Hidden Gem Kedai Kopi Simple di SWK Embong Sawo menyajikan Vietnam Drip dengan harga Rp 15 ribu. -Salman Muhiddin/Harian Disway-

Imam makin kagum dengan pencapaian SWK Embong Sawo yang lokasinya cukup ”nyelempit”. Meski berada di gedung kecil, SWK itu berhasil masuk 20 besar. ”Yang saya rasakan adalah kekompakan dan keramahan pedagangnya. Tetapi, jangan lengah. Ini lomba, bukan arisan. Tahun depan harus bisa mempertahankan predikat finalis ini. Syukur-syukur juara satu,” ujar tokoh jurnalis senior Surabaya itu. 

Demo memasak dari Universitas Ciputra juga mengisi acara road show.  I Nyoman Arya dan Syalfa Pratama mengajari pedagang memasak salted egg dan saus gochujang yang simpel di SWK Embong Sawo.


DEMO MEMASAK dari mahasiswa Universitas Ciputra di SWK Embong Sawo. -Elvina Talitha Alawiyah/Harian Disway-

Road show bakal berakhir hari ini di SWK Balas Klumprik. Jadi, sampai jumpa di Surabaya Barat.


ANGGOTA DPRD Surabaya Imam Syafii berbagi bingkisan ke petugas kebersihan DLH Surabaya di SWK Embong Sawo di Road Show Surabaya Tourism Awards 2023.-Elvina Talitha Alawiyah/Harian Disway-

Sumber: