Kapolri-Panglima TNI Amankan Mudik

Kapolri-Panglima TNI Amankan Mudik

TINJAU TERMINAL BUS (dari kiri) Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolres Sidoarjo Kombes Pol Wahyu Kusumo Bintoro, dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. -FOTO: MOCH SAHIROL-HARIAN DISWAY-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Jawa Timur menjadi provinsi paling sibuk di hari raya Idulfitri 1444 Hijriyah. Kementerian Perhubungan memprediksi sekitar 21,2 juta orang yang keluar-masuk Jatim di momen Lebaran tahun ini. Karena itu, Kepala Polri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau kesiapan lonjakan arus mudik di provinsi itu.

Kapolri datang bersama Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Peninjauan Selasa, 18 April 2023, fokus ke Terminal Bus Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo. Begitu tiba di terminal pukul 18.40, dua jenderal bintang empat itu langsung mendatangi pos pelayanan yang berada di depan terminal kedatangan. Mereka disambut Kapolres Sidoarjo Kombes Pol Wahyu Kusumo Bintoro.

Kapolri ingin memastikan bahwa bus yang akan berangkat itu telah siap melakukan perjalanan jauh. Mulai dari kesiapan bahan bakar, rem, ban, dan kondisi sopir maupun kondektur.

"Tadi ada pemeriksaan urine pengemudi dan kondektur. Ada 78 orang yang menjalani tes urine. Semuanya negatif. Kami ingin memastikan, perjalanan mudik tahun ini aman dan nyaman," kata Jenderal Listyo.

Dari pantauannya di Terminal Purabaya, hari itu terjadi peningkatan penumpang dari hari sebelumnya. Berdasarkan catatan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di terminal tersebut, Senin, 17 April 2023, untuk kedatangan bus antar kota antar provinsi (AKAP) sebanyak 288 bus dengan 1.898 penumpang.

Lalu, bus antar kota dalam provinsi sebanyak 596 bus dan 10.033 penumpang. Sementara, untuk keberangkatan, AKAP 332 bus dengan membawa 6.608 penumpang dan AKDP 736 bus dengan penumpang sebanyak 15.475 penumpang. "Peningkatan hari ini (kemarin) terjadi sekitar 15 sampai 20 persen," ungkapnya.


PEMUDIK bersiap naik ke KM Dharma Kartika IX tujuan Banjarmasin di Pelabuhan Jamrud, Tanjung Perak, Surabaya.-FOTO: MOCH SAHIROL-HARIAN DISWAY-

Untuk rekayasa lalu lintas selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2023, akan dilakukan oleh Korlantas Polri dan Kepolisian Daerah. Sehingga diharapkan kegiatan mudik dapat dikawal dengan baik. "Tadi siang kami melaksanakan one way. Mulai dari Cikampek sampai Semarang. Dilanjutkan ke Jatim. Semua dipantau," katanya.

Mabes Polri juga memantau langsung arus mudik baik jalan tol dan arteri di Jatim. Untuk memastikan semua terawasi dan anggota di lapangan benar-benar siap. "Kami mengimbau masyarakat yang mudik untuk hati-hati di jalan. Jika ngantuk atau capai jangan dipaksakan. Ada rest area. Gunakan untuk istirahat," tambahnya.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menambahkan TNI turut serta dalam pengamanan pelaksanaan salat Id selama dua hari yakni 21 dan 22 April 2023. "Tugas kami mengamankan keduanya. Khusus Jatim, kami sudah menerjunkan 1.446 personel. Baik darat laut, maupun udara," kata pria asal Kabupaten Madiun itu. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: