Jokowi Sebut Calon Pendamping Ganjar Pranowo: Termasuk Prabowo!

Jokowi Sebut Calon Pendamping Ganjar Pranowo: Termasuk Prabowo!

Prabowo Subianto bersilaturahmi ke rumah Jokowi, 22 April 2023. -Lukas-Setpres-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Ganjar Pranowo telah resmi menjadi calon presiden yang diusung PDIP pada Pilpres 2024. Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri mengumumkannya tepat di Hari Kartini 21 April 2023.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menyebut beberapa nama yang cocok sebagai calon wakil presiden (Cawapres) Ganjar. 

Presiden menyampaikan nama-nama itu  saat ditemui wartawan usai salat Idul Fitri 1444 Hijriah di Masjid Sheikh Zayed Solo, Sabtu, 22 April 2023. 

Beberapa nama yang disebutkan Jokowi antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, serta Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Jokowi juga ditanya wartawan apakah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masuk dalam radar bacawapres ganjar? "Termasuk Pak Prabowo. Nanti juga cawapresnya ketemu, siang ini ketemu, beliau mau ke rumah. Siang," tegas Jokowi. 

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa ketum partainya, Megawati Soekarnoputri  belum ingin membicarakan secara detail mengenai perkembangan pencalonan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.  "

Hari ini, kami sebenarnya tidak diizinkan oleh Bu Ketum (Megawati) untuk membicarakan calon presiden dan calon wakil presiden. Seluruh narasumber dari PDIP diminta untuk berfokus pada ungkapan syukur atas perayaan Idul Fitri ini," ujar Hasto di rumah Megawati.

Hingga kini, sudah ada dua bacapres yang mendapat dukungan partai. Selain Ganjar, Anies Baswedan lebih dulu mendapat tiket dari Nasdem, PKS dan Demokrat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: