Atraksi Hewan Favorit Pengunjung KBS

Atraksi Hewan Favorit Pengunjung KBS

Pengunjung sedang menaiki onta di KBS pada libur Lebaran 2023. Di salah satu tempat wisata inilah, dipastikan keamanannya oleh TNI Polri. -Elvina Talitha Alawiyah-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Libur Lebaran 1444 Hijriah sudah mendekati hari terakhir. Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) masih memanen pendapatan.

 

Minggu siang, 23 April 2023, area kebun binatang terbesar se-Asia Tenggara itu, sudah dipadati ribuan pengunjung. Rata-rata, pengunjung datang ke KBS, bareng dengan keluarganya. Mereka ingin memperkenalkan anak-anaknya, dengan berbagai jenis dan nama hewan yang ada di KBS.

 

Seperti, rombongan keluarga Puput Ayu, warga Sidoarjo. Puput ingin mengajak sang buah hatinya, yang masih duduk dibangku TK-B, Aira Seva, bermain-main langsung dengan kawanan penyu di wahana Kidz Zoo.

 

"Aira senang sekali bermain dengan penyu dan kucing," ujar Puput, sambil mengawasi Aira, yang cekatan menangkap seekor penyu dari kolam kecil dan dangkal, di wahana sisi timur KBS itu, Minggu, 23 April, 2023.

 

Di tengah lalu-lalang pengunjung, terlihat rombongan dari keluarga lain, yang tengah asyik berswafoto dekat kandang Binturong Malaya. Ia mengajak anak dan istrinya berfoto bersama, di depan kandang musang besar. "Suasananya enak sekali di sini. Sejuk. Cocok sekali, jika untuk liburan bareng keluarga. Anak saya senang ke sini," ujar Dika Prayugo.

 

Sayangnya, Dika merasa belum beruntung. Tak mendapatkan kesempatan melihat suguhan atraksi hewan di KBS. Ia bersama keluarga, datang pukul 14.00, sementara atraksi hewan selesai beberapa menit sebelumnya.

 

"Ya gak apa-apa. Besok-besok datang ke sini lagi. Lebih awal," imbuh Dika.

 

Lastri Pujiono, Plt. Humas KBS mengatakan, manajemen KBS pun, telah menyiapkan berbagai program, untuk menyambut momen libur Lebaran 2023, selama sembilan hari, secara bergantian. 

 

"Kami sudah menyusun program selama libur Lebaran. Antara lain, Feeding Time, Foto Booth with Animal, Keeper Talk with Animal, Pentas Kesenian Jaranan dan Reog Ponorogo, aneka pentas live musik, dan lainnya," ujar Lastri.

 

"Pengunjung bisa menyesuaikan kunjungannya sesuai jadwalnya. Ada di media sosial kami," lanjut Lastri. Menurut Lastri, berbagai program dan acara selama libur Lebaran, disiapkan manajemen untuk menarik pengunjung. Dalam catatannya, pada hari ke-dua Lebaran, jumlah pengunjung meningkat, jika dibandingkan dengan hari H Lebaran.

 

"Kemarin masih sepi. Hanya sekitar 3 ribuan. Berbeda sekali kalau hari ini, pengunjung sudah mencapai 15 ribu lebih. Semoga dalam puncak program nanti pengunjung semakin meningkat," kata Lastri.

 

Pihaknya juga membuka satu lagi pintu masuk alternatif bagi pengunjung. Ini, dilakukan sebagai upaya antisipasi kerumunan pengunjung. "Pintu di dekat Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) dari sisi belakang itu memang kita buka setiap ada momen besar, seperti tahun baru, lebaran, dan libur sekolah," ujar Lastri. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: