Pilih Presiden Dari Rekam Jejak

Pilih Presiden Dari Rekam Jejak

Ganjar Pranowo (kiri) dan Anies Baswedan-Instagram Ganjar-Raka Denny-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Hingga kini baru Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan yang sudah mendapat tiket calon presiden. Keduanya punya banyak kesamaan. Sama-sama lulusan Universitas Gadjah Mada dan menjadi orang nomor satu di provinsi strategis.

Ganjar memimpin Jawa Tengah sejak 2013 silam. Dua kali menang pemilihan gubernur. Masa jabatan politikus PDIP ini akan berakhir September nanti. 

Jauh sebelum itu, Jawa Tengah sangat jarang menjadi perbincangan berita-berita di halaman nasional. Kecuali pemberitaan terkait banjir rob Semarang, perekonomian yang lemah, hingga infrastruktur yang buruk.

Tetapi, kehadiran Ganjar sebagai gubernur bisa membawa angin segar. Apalagi ia menjadi gubernur Jateng pertama yang berlatar belakang sipil. Gaya kepemimpinannya yang khas menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat luas. 

Bahkan disebut-sebut menyerupai Presiden Joko Widodo. Suka blusukan. Terjun langsung ke lapangan untuk mengecek kondisi jalan. 


Rekam Jejak Ganjar Pranowo-Grafis: Annisa Salsabila-Harian Disway-

Ganjar juga aktif bermedia sosial untuk menampung curhatan warganya. Menampung keluhan warga dan langsung meresponsnya. "Karena saya tidak bisa menjangkau lebih banyak rakyat saya. Maka, sebenarnya ketika masyarakat sudah bermigrasi ke dunia digital, maka ruang itu menjadi meeting point," katanya dalam sebuah kesempatan. 

Terakhir, Ganjar punya program andalan. Ia dinilai berhasil meningkatkan kesejahteraan para petani di Jateng. Yakni melalui program Kartu Tani yang mendata seluruh petani di Jateng sejak 2015.

Kartu Tani Jateng juga memungkinkan terwujudnya distribusi pupuk subsidi sesuai jumlah, jenis, waktu, tempat, mutu, dan harga, serta pemberian layanan perbankan bagi petani. 

"Kartu Tani itu mendata petani. Siapa, di mana, berapa, tanam apa, kapan, itu mesti kita ketahui. Kalau itu masuk, maka sebenarnya ini bagian dari Presiden Satu Data Indonesia, berkaitan dengan petani,” jelas Ganjar dalam keterangan resminya.

Atas inovasinya di bidang pertanian itu, Ganjar bakal menerima dua tanda kehormatan dari Kementerian Pertanian. Rencananya, bakal diserahkan langsung oleh Jokowi pada event Pekan Nasional Petani Nelayan Andalan (Penas) 10 Juni mendatang.

Dalam hasil survei Poltracking Indonesia pada akhir tahun lalu, mayoritas masyarakat Jawa Tengah puas terhadap kinerja Ganjar. Setidaknya mencapai 84,3 persen dari 1.000 responden.

Bagaimana dengan Anies? Kinerja Anies juga cukup dahsyat selama lima tahun memimpin DKI Jakarta. Populi Center merilis 835, persen warga DKI Jakarta puas dengan kinerja Anies. Lembaga Survei Indonesia (LSI) juga menyatakan 80 persen warga DKI Jakarta puas dengan capaian Anies. Anies Baswedan yang sukses mengubah wajah DKI Jakarta. Terutama dalam mengintegrasikan transportasi umum.

Atas inovasi itulah, warga Jakarta makin nyaman menggunakan transportasi umum untuk mobilitas sehari-hari. Jumlah penumpang naik signifikan. Tak hanya mudah diakses, tetapi juga murah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: