Jatim Hanya Kirim 80 Atlet ke SEA Games 2023

Jatim Hanya Kirim 80 Atlet ke SEA Games 2023

Rizky Ridho merupakan salah satu atlet Jawa Timur yang membela tim nasional sepak bola Indonesia di SEA Games 2023 di Kamboja. -PSSI-

SURABAYA, HARIAN DISWAY -Jawa Timur (Jatim) bukan lagi menjadi tulang punggung kontingen Indonesia di multiajang internasional. Dalam SEA Games 2023 di Kamboja, misalnya. Dari total 599 atlet yang memperkuat kontingen Merah Putih, hanya 80 orang yang berasal dari Jatim. Meski hanya menyumbang 13 persen dari total keseluruhan kontingen Indonesia, wakil Jatim diharapkan memberikan prestasi terbaik untuk Indonesia.

Kontingen Indonesia total diperkuat 599 atlet dalam SEA Games tahun ini. Terdiri 378 atlet putra dan 220 atlet putri. Wakil-wakil Indonesia akan mengikuti 31 cabang olahraga yang dipertandingkan di multievent dua tahunan tersebut. SEA Games 2023 di Kamboja akan dibuka pada 5 Mei mendatang. Kemudian berakhir pada 17 Mei.

Dari keseluruhan atlet Indonesia yang dikirimkan ke Kamboja, sebanyak 80 di antaranya berasal dari Jatim. Para wakil provinsi di ujung timur Pulau Jawa itu tersebar di 21 cabang olahraga. Jumlah ini lebih besar dibandingkan SEA Games 2021 di Vietnam yang berlangsung pada tahun lalu. Kala itu Jatim mengirim 71 atlet untuk kontingen Indonesia. Mereka berlaga di 19 cabang olahraga.

"Ketika sudah menyatu menjadi Indonesia, tidak ada lagi nama-nama daerah," ucap M. Nabil, Ketua KONI Jatim terkait partisipasi atletnya di SEA Games 2023.

Contoh atlet Jatim yang membela kontingen Indonesia adalah Rizky Ridho dan Marselino Ferdinan. Kedua pemain asli Surabaya itu memperkuat tim nasional sepak bola. Ridho dan Marselino menjadi pemain utama dalam skuad asuhan Indra Sjafri tersebut. Ridho bahkan berstatus sebagai kapten kesebelasan tim Garuda Muda.

Lain cerita dengan cabang olahraga tenis lapangan dan bola voli indoor. Dari total sepuluh petenis yang dikirim oleh kontingen Indonesia di SEA Games 2023, mayoritas berasal dari Jatim. Pun demikian dengan tim bola voli indoor Indonesia. Tim bola voli putra Indonesia bahkan sangat kental dengan aroma Jatim. Dari total 14 pemain yang terpilih, sebanyak tujuh pemain atau 50 persen di antaranya berasal dari Jatim.

Ketujuh atlet Jatim tersebut adalah libero Henry Ade Novian, Nizar Julfikar, Fahreza R. Abhinaya, Hernanda Zulfi, Rivan Nurmulki, Yudha M. Putra, dan Agil Angga Anggara. Sedangkan di tim putri, Jatim mengirimkan lima pemain ke SEA Games 2023. Mereka adalah Hany Budiarti, Arneta Putri Amelia, Mediol Stiovanny Yoku, Yulis Indahyani, serta Megawati Hangestri Pertiwi.

"Tradisi Jawa Timur memang menjadi penyumbang atlet untuk menjaga nama baik Indonesia di bidang olahraga. Potensi kemenangan ini sebenarnya sudah bisa kita lihat secara bertahap. Pola pembinaan pun sudah kami lakukan dengan standar internasional. Ini bentuk pengabdian. Tanggung jawab dalam bidang olahraga. Sesuai tagline kami, Dari Jawa Timur untuk Indonesia Menuju Prestasi Dunia," jabar Nabil. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: