Bastianini Masih Belum Siap untuk Membalap di MotoGP

Bastianini Masih Belum Siap untuk Membalap di MotoGP

Enea Bastianini sempat turun di sesi latihan bebas di Jerez sebelum memutuskan mundur dari MotoGP Spanyol.-Motorsport-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Buyar. Gagal total. Harapan pembalap Ducati Enea Bastianini untuk berlomba di MotoGP Spanyol dipastikan tidak terwujud. Bastianini seakan ditampar oleh kenyataan bahwa kondisinya belum memungkinkan untuk tampil di arena MotoGP.

Comeback Bastianini diumumkan dalam laman resmi MotoGP pada Kamis, 27 April 2023 malam. Rider 25 tahun ini sudah lolos tes medis yang dilaksanakan di Sirkuit Jerez. Hasilnya, pembalap Ducati Lenovo Team itu dinyatakan fit untuk berpartisipasi dalam MotoGP Spanyol.

Bastianini pun semringah. Sebab inilah yang sudah dinantikan selama sebulan terakhir. Kecelakaan ketika sprint race di MotoGP Portugal membuat pembalap asal Italia tersebut absen di tiga seri pertama MotoGP musim ini. Ia tidak tampil di Portugal, Argentina, dan Amerika Serikat.

Akan tetapi, Bastianini harus bersabar lagi karena ternyata kondisinya tidak memungkinkan untuk balapan Jerez yang berlangsung Minggu, 30 April 2023. Ia mengaku sudah berusaha keras untuk berlomba lagi. Hingga akhirnya Bastianini sadar bahwa kondisinya belum siap untuk menggeber motor Ducati.

Bastianini mundur dari MotoGP Spanyol setelah melakukan lima putaran dalam sesi latihan bebas. Pembalap yang dijuluki The Beast memilih bersikap realistis. "Tak ada gunanya mengambil risiko yang tidak perlu. Jadi saya bersama tim memutuskan untuk berhenti," katanya dalam laman resmi Ducati Lenovo Team.

Bastianini menambahkan, keputusannya kembali ke Jerez sebenarnya sudah sangat tepat. Dengan demikian Bastianini akhirnya tahu di mana levelnya saat ini. Juga seberapa besar pekerjaan rumah yang harus dibereskan untuk menjadi kompetitif lagi.

Sekarang Bastianini memilih fokus untuk memulihkan kondisinya hingga benar-benar siap. Kecelakaan di Portugal membuatnya mengalami patah tulang belikat (scapula). Semula Bastianini diperkirakan hanya absen di MotoGP Portugal dan seri kedua di MotoGP Argentina.

Tapi kenyataan berbicara lain. Mantan pembalap tim Gresini tersebut juga tidak dapat start di MotoGP Amerika Serikat. Juga di MotoGP Spanyol yang dilaksanakan di Jerez. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: