Panduan Singkat Met Gala 2023: Apa, Siapa, dan Tentang Apa?

Panduan Singkat Met Gala 2023: Apa, Siapa, dan Tentang Apa?

GIGI HADID melangkah di karpet merah Met Gala 2022 di Metropolitan Museum of Art New York, 2 Mei 2022.-AFP-

NEW YORK, Harian Disway – Setahun sekali, kita mendapatkan suguhan acara fashion kelas tinggi. Yakni Met Gala. Berbeda dengan ajang penghargaan, event ini menyatukan insan film, musik, sosialita, olahraga, hingga politik sekaligus. Para tamu mengenakan gaun-gaun ekstravaganza, demi merebut perhatian di karpet merah.

Tahun lalu, kita melihat busana spektakuler Blake Lively, Kim Kardashian, Bella Hadid, Lizzo, hingga Hilary Clinton. Indah, keren, haute couture, bahkan ada yang aneh buat publik umum. Apa yang bisa kita harapkan tahun ini? Berikut panduan singkat tentang Met Gala 2023.

Apa Itu Met Gala?
Met Gala memiliki nama resmi Costume Institute Gala atau Costume Institute Benefit. Yakni event tahunan yang digelar sebagai penggalangan dana untuk Metropolitan Museum of Art di New York City. Penyelenggaranya adalah majalah mode Vogue. Panitianya dipimpin langsung oleh Editor in Chief Vogue Anna Wintour.

Kapan?
Met Gala selalu dilaksanakan pada Senin pertama bulan Mei. Tahun ini, hari tersebut jatuh pada 1 Mei 2023. Di Indonesia, Met Gala berlangsung Selasa pagi, 2 Mei 2023.

Di mana?
Karena tujuannya adalah penggalangan dana buat museum, maka acara ini rutin digelar di Metropolitan Museum of Art (alias The Met), New York City. Karpet merah dan tangga legendaris yang kita lihat setiap tahun itu adalah halaman depan The Met.

Apa Tema Tahun Ini?
Met Gala sering memberi tribute buat desainer-desainer yang memiliki pengaruh besar buat dunia mode. Tahun ini, tema acara adalah Karl Lagerfeld: A Line of Beauty. Sebagai penghormatan buat Karl Lagerfeld, desainer top yang meninggal pada Februari 2019 lalu.

Jadi, semua tamu harus pakai Chanel, nih?


DESAINER NYENTRIK Karl Lagerfeld (kanan) menggandeng model Cara Delevigne di Paris Fashio Week 2014.-Francois Durant-Getty Images via AFP-

Oh, tidak. Sepanjang hidupnya, Karl Lagerfeld (yang terkenal dengan rambut putih dikuncir dan kaca mata hitam di berbagai kesempatan itu), memang menghabiskan 36 tahun terakhirnya dengan menjadi creative director Chanel. Namun, sebelumnya, ia pernah menjadi pemimpin Fendi, Chloe, Patou, dan Balmain. Ia juga meninggalkan pengaruh di berbagai rumah mode. Jadi, tamu bebas mau mengenakan gaun rancangan siapa. Yang penting ada sentuhan Lagerfeld-nya.

Siapa Host-nya?
Penyelenggaraan tahun ini diketuai oleh aktor Michaela Coel dan Penelope Cruz, bintang tenis asal Swiss Roger Federer, penyanyi Dua Lipa, dan tentunya Anna Wintour sendiri. Mereka sekaligus bertindak sebagai host.


ORANG-ORANG CANTIK, dari kiri, Penelope Cruz, Michaela Coel, Roger Federer, dan Dua Lipa bakal jadi host Met Gala 2023.-The Hollywood Reporter-

Siapa Saja yang Bakal Hadir?
Daftar tamu Met Gala selalu top secret. Hanya orang-orang yang dianggap relevan dengan pop culture masa kini saja yang diundang. Dan semua diseleksi ketat oleh Anna Wintour. Namun, ada beberapa yang sudah memastikan hadir. Antara lain, aktris Elle Fanning dan penyanyi Rita Ora. Kemungkinan besar Rita Ora ditemani sang suami, sutradara Taika Waititi. Berdasarkan kebiasaan, beberapa selebriti diharapkan kembali nongol. Sepeerti Beyonce, Lady Gaga, Madonna, dan Rihanna. Demikian juga keluarga Kardashian-Jenner.

Berapa Harga Undangannya?
Kalau tidak diundang langsung oleh Anna Wintour, bolehkah kita membeli tiketnya? Boleh. Harga untuk perorangan mencapai USD 30 ribu (atau setara Rp 440,2 juta). Sedangkan untuk membeli satu meja berisi 10 orang, harganya USD 275 ribu. Atau sekitar Rp 4 miliar. Tapi, kalau menurut Anna Wintour Anda tidak cukup pantas menjadi tamu Met Gala, jangan harap panitia menjual undangan untuk Anda. Duh, berat ini… (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cnn