Cuaca Makin Panas, Ini 8 Tip Untuk Jaga Kondisi Agar Tetap Fit

Cuaca Makin Panas, Ini 8 Tip Untuk Jaga Kondisi Agar Tetap Fit

Gejala yang kerap muncul saat cuaca panas-Ilustrasi-Freepik/cookie_studio

SURABAYA, Harian Disway – Surabaya memang masih sering hujan. Kadang malah banjir. Namun, Kepala Pusat Layanan Iklim Terapan BMKG menyatakan bahwa temperatur udara akan makin naik bulan ini. Cuaca panas akan membuat tubuh merasa mudah lelah, mudah gerah, dan mudah berkeringat. Bukan tidak mungkin hal-hal tersebut akan berpengaruh kepada kesehatan. Ini dia beberapa hal yang bisa kita lakukan agar tubuh tetap fit di tengah Cuaca panas.

Batasi Aktivitas di Luar Ruangan
Usahakan sebisa-bisanya meminimalkan kegiatan di luar ruangan. Apalagi saat tengah hari ketika matahari sedang terik-teriknya. Kalau tidak perlu-perlu banget, tidak usah keluar kantor atau rumah. Untuk mencari makan siang saat ngantor, misalnya, gunakan jasa delivery. Atau bawa bekal dari rumah.

Sering Minum Air Putih
Jangan minum air hanya ketika sedang haus saja. Cukupi kebutuhan air putih 2-3 liter dalam sehari. Memperbanyak minum air putih juga dapat menghindarkan diri dari kram otot yang dapat berdampak pada masalah kesehatan lainnya.


Takaran Minum Air Putih yang Tepat Setiap Harinya-Andrea Piacquadio-PEXELS

Konsumsi Makanan Ringan Lebih Sering
Nyamil ternyata berguna saat cuaca panas. Untuk menjaga energi agar tetap terisi, mengonsumsi makanan ringan bisa menjadi solusi. Jika takut berat badan naik, pilih camilan tinggi serat atau tinggi protein.

Hindari Memakai Pakaian Gelap dan Ketat
Pakaian berwarna gelap dapat menyerap panas lebih banyak. Sedangkan pakaian yang ketat akan membuat kita gampang merasa gerah sehingga akan memproduksi keringat lebih banyak. Di tengah cuaca panas, kenakan pakaian berwarna cerah dan longgar. Oh ya, pilih yang berbahan lembut seperti polyester, katun, atau rayon.


BLOUSE PUTIH berbahan katun atau rayon dapat menyerap keringat.-Vogue -

Olahraga Secara Bertahap
Selain itu, lakukan olahraga secara bertahap. Misalnya, ketika bersepeda mulailah pelan-pelan kemudian berangsur lebih cepat. Oh ya, kalau berolahraga outdoor, pilih waktu sekitar pukul 5 pagi. Sudahi ketika matahari sudah mulai tinggi.  

Rajin Memakai dan Mengaplikasi Ulang Tabir Surya


BERMACAM pilihan sunscreen efektif menangkal sinar UV A dan UV B.-Retailers-

Beraktivitas di bawah cuaca panas berpotensi mengakibatkan sunburnt. Untuk menghindari masalah kulit tersebut, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen sebanyak dua ruas jari. Lalu, jangan lupa aplikasikan ulang sekitar dua sampai empat jam sekali. sunscreen juga wajib digunakan sekalipun kita bekerja di dalam ruangan. Karena sinar UV dapat menembus kaca.
 
Mandi atau Rendam Kaki dengan Air Dingin
Kegerahan menjadi masalah utama di cuaca panas. Seringkali ketika kegerahan, konsentrasi dan pikiran akan tidak stabil. Merendam kaki atau mandi dengan air dingin bisa menjadi solusi untuk menyegarkan kembali konsentrasi dan pikiran.

Ikuti Perkembangan Cuaca
Dengan mengikuti perkembangan cuaca di daerah tempat tinggal, akan mempermudah antisipasi untuk menghadapi cuaca yang akan datang. Tentunya informasi cuaca yang diikuti harus dari sumber yang terpercaya untuk meminimalkan kesalahan prediksi cuaca.

Itu dia hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi cuaca panas. Prinsip dasarnya adalah stay hydrated, stay fresh and stay informed. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: