Kate Middleton Ogah Pakai Tiara saat Hadir Penobatan Raja

Kate Middleton Ogah Pakai Tiara saat Hadir Penobatan Raja

Kira-kira mahkota bergaya inilah yang akan dikenakan Princess of Wales seperti yang dikenakan Kate Middleton saat mengunjungi Kepulauan Solomon pada 2012. Itu jika Kate tidak mengenakan tiara karena ingin tampil lebih sederhana. -Daily Mail-

HARIAN DISWAY - Ada yang bakal berbeda dalam penobatan Raja Charles III. Kate Middleton, Princess of Wales, memutuskan untuk tak memakai tiara. Sebagai gantinya hiasan di kepalanya itu diganti dengan mahkota bunga.

Keputusan Kate Middleton itu mungkin akan mengabaikan tradisi yang paling spektakuler. Semua demi keinginan Kate yang ingin tampil lebih alami untuk sebuah acara besar di Westminster Abbey pada Sabtu, 6 Mei 2023 nanti.

Langkahnya itu mungkin akan mengecewakan kelompok tradisionalis pendukung kerajaaan yang selalu berharap ingin melihat keluarga kerajaan dan para tamu akan berpakaian rapi dan tampil terbaik untuk acara penobatan raja Inggris.

Tapi rencana Kate itu tampaknya bulat. Sebelumnya dia diperkirakan akan mengenakan tiara bermotif bunga yang mirip dipakainya pada hari pernikahannya 12 tahun lalu. Sebuah Cartier Halo yang menawan dengan 739 berlian dan 149 baguette-diamond. Namun, Kate ingin tiara yang lebih tradisional dengan mengenakan mahkota bunga.

Bukan tanpa dasar Kate ingin begitu. Kabarnya, keinginan Kate itu ingin disesuaikan dengan tema yang telah ditetapkan ayah mertuanya -Pangeran Charles- yang selama masa pemerintahan memang fokus pada penghijauan, alam, dan lingkungan.

Apalagi undangan untuk upacara pada 6 Mei 2023 mendatang yang sudah dikirim bulan lalu menunjukkan kecenderungan itu. Ada hiasan bergambar bunga, burung, dan serangga.

Meskipun kemungkinan besar rencana Kate itu positif, tapi sebagian besar berpendapat bahwa niat Kate itu hanyalah rumor. Apalagi sumber-sumber Istana Kensingston menolak untuk mengonfimasinya. 

Namun, Sally Bedell Smith, seorang penulis biografi keluarga kerajaan, mengatakan bahwa jika benar Princess of Wales bermahkota bunga, maka hal itu akan memberikan sinyal tertentu. Yakni penghormatan kepada raja yang telah berkomitmen terhadap alam.

”Itu sepertinya sentuhan yang sangat egaliter. Sebagai istri dari calon raja, Kate akan menjadi contoh bagi wanita lain di lingkungan kerajaan yang mungkin akan merasa canggung untuk memakai tiara dari bunga,” terangnya.

Terlepas dari keinginan Kate itu, kalau pun harus mengenakan hiasan kepala dari perhiasan seperti lazimnya, Princess of Wales bisa mengenakan tiara Cambridge Lover’s Knot. Tiara ini memang favorit Kate dan mendiang ibu mertuanya, Putri Diana.

Pun ketika Ratu Elizabeth dinobatkan pada 1953, Ibu Suri mengenakan mahkota yang dikenakannya pada penobatan ayahnya pada 1937. Selain Kate, Putri Margaret, Duchess of Gloucester, Duchess of Kent, dan semua putri kerajaan memang mengenakan tiara. 

Jika benar Kate memakai mahkota bunga, sebenarnya ini bukan pertama kalinya ada Wanita dari kalangan kerajaan yang mengabaikan tradisi. Setidaknya dalam pernikahannya sendiri, Kate sebenarnya  juga tidak mengenakan tiara yang formal.

Malah dapat dipahami bahwa jika Princess of Wales ingin mengenakan mahkota bunga itu juga karena melihat ibunya sendiri, Carole Middleton, yang memilih mahkota bunga pada hari pernikahannya. 

Keempat pengiring pengantin, termasuk sepupu William Lady Louise Windsor dan cucu Ratu Camilla Eliza Lopes, juga mengenakan mahkota bunga putih Lily Of The Valley dan ivy saat pernikahan Kate.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: