Bursa Transfer Liga 1: Kasim Botan Gabung, Persebaya Tuntaskan Perburuan Winger

Bursa Transfer Liga 1: Kasim Botan Gabung, Persebaya Tuntaskan Perburuan Winger

Kasim Botan melakukan selebrasi saat keduanya bersama di Bhayangkara FC.--

Persebaya bakal diperkuat barisan winger hebat di Liga 1 2023/2024. Setelah memastikan duo legiun asing, Sho Yamamoto-Bruno Moreira, Bajol Ijo dikabarkan sudah mengamankan tanda tangan Kasim Botan. 

Kasim musim lalu membela Bhayangkara United. Ia bermain 22 kali, mayoritas sebagai winger kanan. Namun, ia juga pernah dimainkan di posisi sayap kiri. Total ia menyumbangkan dua gol dan dua assist untuk The Guardian musim lalu.

Sho dan Bruno selama ini punya catatan konsistensi yang sangat baik. Jarang absen karena cedera. Juga sangat jarang absen karena akumulasi kartu.

"Namun kami tetap butuh pelapis di posisi winger yang bagus. Pilihan itu jatuh pada Kasim Botan,” kata salah seorang sumber di Persebaya.

Bergabungnya Kasim melengkapi stok winger di Persebaya. Sebelumnya sudah ada barisan winger lokal yang menjanjikan. Di antaranya M. Supriadi, M. Iqbal, dan Denny Agus.

Ketiganya semuanya sudah mencetak gol untuk Persebaya musim ini.

Iqbal dan Denny terbilang istimewa. Mereka menjelma sebagai rising star Bajol Ijo. Jarang mendapatkan kesempatan di awal musim, mereka tampil hebat ketika diberi kesempatan main di akhir musim.

Denny mencetak gol spektakuler saat diturunkan dalam laga terakhir melawan Dewa United. Tembakan kaki kirinya dari luar kotak penalti membuka pesta gol 3-0 Persebaya atas tim tamu. Total, ia mencetak dua gol musim lalu. 

Iqbal berhasil dua kali membobol gawang Persis Solo. Sayang, dua golnya tidak mampu membawa Persebaya menang. Skor berakhir imbang 3-3. Meski Persebaya sempat unggul 2-0. Total ia mendulang tiga gol musim lalu.

Supri, meski baru mencetak satu gol, setidaknya berhasil pecah telur. Itu adalah gol perdananya sejak promosi ke tim senior Persebaya pada 2019.

Ada satu lagi pemain muda berposisi winger di skuad Persebaya musim depan. Ia adalah Tony Firmansyah, jebolan dari Persebaya U-18.

Pemain ini sempat dibawa ketika Persebaya berujicoba dengan Persiga Trenggalek. Penampilannya cukup menjanjikan.

Kasim Botan sendiri masih relatif muda. Usianya 26 tahun. Dibandingkan dengan barisan winger lama Persebaya, usianya tidak terpaut jauh.

Sebagai catatan, semua winger Persebaya di kisaran 25 tahun. Pelatih Aji Santoso pernah menyatakan bahwa gap usia yang tak terlalu jauh memudahkan untuk membagun chemistry.

Perburuan Kasim sekaligus memupus isu bergabungnya Andik Vermansyah yang tiap tahun selalu dirumorkan bergabung Persebaya.

Kabarnya, sejak Aji Santoso masuk menjadi head coach, nama Andik tak pernah disodorkan ke manajemen sebagai rekrutan baru.

Aji Santoso selama ini memang sudah beberapa kali terbukti lebih senang menggunakan tenaga-tenaga muda dan berhasil mengorbitkannya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: