Kuliner Terenak di Kecamatan Tambaksari

Kuliner Terenak di Kecamatan Tambaksari

Soto dan tahu tek terenak se-kecamatan Tambaksari di SWK Putri Agung. -Erni Prasetyo/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Kecamatan Tambaksari jadi salah satu jagoan SURABAYA Tourism Awards 2023. Dari enam menu yang dilombakan, mereka menang semua: rujak cingur, bebek goreng, soto, tahu tek, tahu campur, dan rawon (lihat grafis).

SWK Putro Agung dapat empat penghargaan. Dua sisanya dimenangkan SWK Kapas Krampung. Sayangnya, mereka tidak masuk 20 SWK terbaik di Surabaya. Faktor kebersihan menjadi salah satu catatan juri. ”Memang ada yang kulinernya enak, tapi tempat tidak mendukung. Ada pula yang sebaliknya,” ujar salah seorang juri perwakilan Universitas Ciputra Victor Yuwono.

Salah satu SWK yang masuk 20 besar tapi tidak menang kategori kuliner adalah SWK Convention Hall. Lima kategori makanan terenak diborong SWK Deles MERR, sedangkan satu sisanya dimenangkan SWK Klampis Ngasem.

Ketua Komisi C DPRD Surabaya Baktiono menaruh perhatian besar pada pengembangan SWK. Bahkan, ia mengusulkan pembentukan plaza SWK sejak 2020. Ide itu rupanya bisa dikombinasikan dengan hasil penjurian STA 2023. ”Menu masakan terenak per kecamatan dijadikan satu di plaza SWK itu,” ujar anggota DPRD Surabaya lima periode tersebut.

Selain itu, ia berharap ada pemerataan revitalisasi SWK. Selama ini sudah ada beberapa SWK yang disulap dengan desain modern. Misalnya, SWK Wiyung atau Jambangan. Menurutnya, SWK di wilayah utara juga perlu mendapatkan perhatian berikutnya.


Rujak Cingur dan Soto terenak di Kecamatan Tambaksari dimenangkan SWK Putro Agung. -Erni Prasetyo/Harian Disway-

Dengan terpilihnya enam kuliner terenak di Tambaksari, ia berharap agar SWK Kapas Krampung dan Putro Agung diberi penghargaan dengan pengembangan SWK. Itu juga berlaku bagi para pemenang di kecamatan lain. Dengan begitu, lomba SWK tersebut bisa jadi bahan pemetaan untuk menentukan arah kebijakan. (Eko Setyawan)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: