PDIP Klarifikasi Video Kader Banteng Dukung Anies Baswedan

PDIP Klarifikasi Video Kader Banteng Dukung Anies Baswedan

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Video acara pelantikan salah satu organisasi sayap PDIP Banteng Muda Indonesia (BMI) Jawa Timur, yang dilaksanakan di Ponorogo viral. Bukan karena isi videonya. Tapi narasi yang dicantumkan mengandung hoaks.

 

Dalam video tersebut, disebutkan bahwa kader PDIP dan 35 DPC di Jatim menyatakan dukungan kepada Anies Baswedan. Terlihat pula sosok Pelaksana Harian (Plh) Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Budi Sulistyono, pada video berdurasi 2 menit 50 detik tersebut.

 

Budi menegaskan video tersebut hoaks. “Saya pastikan, tidak ada deklarasi mendukung Anies di Jawa Timur. Video itu menyesatkan, hoaks, untuk kepentingan calon lain,” kata Budi, melalui pernyataan tertulisnya, Rabu, 3 Mei 2023.

 

Pria yang akrab disapa Kanang itu memastikan kader banteng se-Jatim bulat mendukung Ganjar Pranowo. Sebab Gubernur Jawa Tengah itu adalah capres yang telah ditetapkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk bertarung di Pilpres 2024.

 

BACA JUGA:Cawapres Ganjar Juga di Tangan Megawati

BACA JUGA:Khotmil Quran dan Riyadah Bersama Doakan Capres Anies Baswedan

 

“Tak ada keraguan sedikitpun untuk mengamankan perintah Ibu Ketum, memenangkan Mas Ganjar di Pilpres 2023,” katanya.

 

Mantan Bupati Ngawi dua periode itu meminta untuk berkompetisi secara fair. Dan tidak menyebarkan informasi palsu yang mengandung kebohongan. “Tolonglah, kita berkompetisi secara fair. Belum menang saja sudah hobi bikin kabar hoaks dan bohong, apalagi nanti kalau menang. Ini sangat membahayakan,” tegasnya.

Dengan unggahan video Hoaks itu, PDI-P akan menempuh jalur hukum. Partai penguasa tengah menyiapkan langkah hukum. Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) membuat laporan ke polisi. 

“Karena video itu sudah ada unsur pelanggaran pidana, pencemaran nama baik, dan ujaran kebencian,” tutup Kanang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: