Bendera Indonesia Terbalik di SEA Games 2023, Kamboja Minta Maaf

Bendera Indonesia Terbalik di SEA Games 2023, Kamboja Minta Maaf

Terdapat lebih dari satu bendera Indonesia yang terbalik saat pre-show opening ceremony SEA Games 2023-Tangkapan Layar YouTube-

HARIAN DISWAY - Tuan rumah Kamboja membikin jengkel satu Indonesia. Akibat bendera Merah Putih yang terbalik dalam pre-show opening ceremony SEA Games 2023 pada Jumat, 5 Mei 2023 di Morodok Techno National Stadium, Phnom Phen. Kamboja akhirnya mereka meminta maaf atas kejadian tersebut.

Opening ceremony SEA Games 2023 sebenarnya dijadwalkan dimulai pada pukul 19.00 waktu setempat. Namun para penonton diminta datang sebelum acara itu dimulai. Dalam jeda waktu tersebut, event organizer menyuguhkan pre-show yang ditayangkan secara langsung di kanal YouTube Press Office of The Council of Ministers Cambodia.

Kemudian insiden itu terjadi. Ada lebih dari satu bendera Merah Putih yang terbalik. Sehingga memunculkan guyonan bahwa bukan Indonesia yang mengikuti SEA Games 2023, melainkan Polandia. Netizen Indonesia pun bertindak. Mereka mengutuk insiden terbaliknya bendera Merah Putih itu.

Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) langsung bertindak dengan mengirimkan surat protes kepada Panitia Penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC). Surat bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 itu ditujukan kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO CAMSOC Vath Chamroeun.

"Penempatan bendera kami yang terbalik tidak dapat diterima karena kami telah memberi tahu CAMSOC berkaitan dengan pemasangan bendera Indonesia yang telah disetujui sebelumnya. Kami berharap ada perbaikan yang dilakukan pada Opening Ceremony dan menanti tindakan cepat Anda," bunyi surat tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Harry Warganegara mengklaim bahwa sang tuan rumah sudah meminta maaf. "Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami. Mereka bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony," ucapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: