Indonesia Kawinkan Medali Emas di Balap Sepeda XCO

Indonesia Kawinkan Medali Emas di Balap Sepeda XCO

Para pembalap Indonesia mendominasi nomor Cross-Country Olympics (XCO) di SEA Games 2023-PB ISSI-

HARIAN DISWAY - Para pembalap Indonesia berhasil mengharumkan nama bangsa di ajang SEA Games 2023. Atlet-atlet terbaik Tanah Air tersebut sukses mengawinkan medali emas di nomor Cross-Country Olympics (XCO) pada Sabtu, 6 Mei 2023 di Phnom Kulen, Siem Reap, Kamboja.

Dalam lomba yang berlangsung pada Sabtu siang waktu setempat itu, tim balap sepeda Indonesia turun dengan tiga pembalap putra dan tiga pembalap putri. Hasilnya sungguh memuaskan. Dari enam pembalap yang start, empat di antaranya berhasil bikin bangga Merah Putih.

Tiga pembalap asal Lumajang bahkan berhasil menyapu bersih seluruh medali yang tersedia di nomor XCO putra. Para pembalap harus melibas rute sepanjang 3,7 kilometer dalam tujuh putaran. Total jaraknya 25,9 kilometer. Medali emas menjadi milik Feri Yudoyono. Ia finis pertama dengan catatan waktu 1 jam 13 menit 51 detik.

Feri mengungguli Zaenal Fanani yang tak lain kakak kandungnya sendiri. Fanani merebut perak usai finis kedua dengan catatan waktu 1 jam 13 menit 53 detik. Sedangkan medali perunggu diraih oleh atlet asal Lumajang lainnya, yakni Ihza Muhammad yang finis ketiga dengan catatan waktu 1 jam 14 menit 9 detik.

Meski demikian, Ihza harus merelakan perunggu ke pembalap Kamboja Khim Menglong yang finis keempat dengan selisih lebih dari satu menit. Sebab regulasi SEA Games Federation (SEAGF) menyebutkan bahwa satu negara tidak boleh menyapu bersih medali dalam perlombaan.

Indonesia juga merebut emas di sektor XCO putri melalui Sayu Bella Sukma Dewi. Dalam nomor ini, para pembalap harus melibas rute sepanjang 3,7 kilometer dalam lima putaran. Total jaraknya 18,5 kilometer. Sayu Bella finis pertama dengan catatan waktu 1 jam 13 menit 48 detik.

Sedangkan Nur Assyira Zainal Abidin asal Malaysia merebut perak usai finis kedua di belakang Sayu Bella. Sementara medali perunggu menjadi milik Yonthanan Phonkla dari Thailand. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: