Mengenal Raja Charles III Jelang Penobatannya

Mengenal Raja Charles III Jelang Penobatannya

Potret Raja Charles III menjelang proses penobatannya menjadi Raja Inggris pada Sabtu, 6 Mei 2023-Bloomberg via Getty Images-

HARIAN DISWAY - Raja Charles III akan naik takhta. Penguasa baru Inggris itu menggantikan Ratu Elizabeth II sebagai pemimpin Kerajaan Inggris dan Persemakmurannya. Sebelum nanti resmi dinobatkan pada 6 Mei 2023 inilah sepenggal kisahnya. 

Diawali dari duka mendalam yang menimpa keluarga Kerajaan Inggris Raya pada 8 September 2022 ketika Ratu Elizabeth II mengembuskan napas terakhirnya di usia 96 tahun setelah memimpin Inggris selama 70 tahun. Kini kursi kepemimpinan akan diwariskan kepada anak sulungnya, Charles Philip Arthur George atau Raja Charles III. 

Raja Charles III lahir di London pada 14 November 1948. Ia merupakan anak pertama dari 4 bersaudara. Di usianya yang ke-9, Charles dinobatkan sebagai Prince of Wales. Gelar tersebut didapat karena ia merupakan penerus takhta laki-laki setelah kakeknya wafat. Ia menjadi pewaris terlama dalam sejarah Kerajaan Inggris, karena di usianya yang ke 73 tahun ini baru bisa naik takhta.

 

Charles menempuh pendidikan di Trinity College, Cambridge di tahun 1967 dan menyelesaikan gelar sarjananya di sana hingga 1970. Setelah itu, ia bergabung di sekolah penerbangan pada 1971 hingga 1976 di Royal Air Force College dan Royal Naval College, Dartmouth.

 

Selesai merampungkan pendidikan, ia menikahi Lady Diana Frances Spencer atau yang lebih dikenal dengan Putri Diana pada 29 Juli 1981. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai 2 anak yakni Pangeran William dan Pangeran Harry. Namun, pernikahan Charles dengan Diana berakhir dengan perceraian pada 1996. Setahun kemudian Diana meninggal karena kecelakaan.

 

Charles menikah lagi pada 9 April 2005 dengan Camilla Parker Bowles yang kini memiliki gelar Permaisuri Inggris. Sebelum menikah dengan Charles, Camilla telah memiliki dua anak dengan mantan suaminya, Andrew Parker Bowles. Meski menjadi anak tiri dari Raja Charles III, mereka tidak mendapatkan gelar seperti ibunya.

 

Pewaris takhta Kerajaan Inggris setelah Raja Charles III adalah Pangeran William, putra pertamanya dengan Putri Diana. William akan menyandang gelar ayahnya terdahulu yakni Prince of Wales dan istrinya, Kate Middleton akan ambil gelar putri Diana, Princess of Wales.

 

Pada penobatan Raja Charles III pada 6 Mei nanti, Pangeran George (putra pertama Pangeran William) akan menjadi pendamping kehormatan. (Jessica Laurent)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: