Hadapi Timor Leste, Peluang Timnas U-22 Lolos Semifinal SEA Games 2023

Hadapi Timor Leste, Peluang Timnas U-22 Lolos Semifinal SEA Games 2023

Timnas U-22 siap tempur untuk menghadapi Thailand dalam final SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh-PSSI-

HARIAN DISWAY - Timnas U-22 Indonesia telah mengamankan dua kemenangan dalam fase grup SEA Games 2023. Tim berjuluk Garuda Nusantara itu menjadi yang paling produktif di Grup A dengan 8 gol. Masing-masing dari kemenangan 3-0 dari Filipina (29 April) dan lima gol tanpa balas atas Myanmar (4 Mei 2023).

Kesempatan untuk menjadi juara grup semakin besar jika bisa mengalahkan Timor Leste di laga lanjutan ketiga. Pertandingan itu akan digelar pada Minggu, 7 Mei 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh pada pukul 16.00 WIB.

Indonesia dan Timor Leste telah berjumpa tiga kali dalam ajang SEA Games. Hasilnya Garuda Nusantara unggul dua kali dan imbang sekali. Pertemuan terakhir terjadi di fase grup SEA Games 2021 di Vietnam pada tahun lalu. Saat itu Indonesia berhasil menang 4-1. Sedangkan pada pertemuan pertama di SEA Games 2013, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Saat ini Timor Leste berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup A di bawah Indonesia dan Kamboja. Timor Leste mengemas satu kemenangan dan dua kali kalah. Masing-masing dengan menang 3-0 dari Filipina. Kemudian tumbang 0-4 dari Kamboja, dan kalah 0-1 dari Myanmar.

Dalam klasemen sementara Grup A saat ini, Indonesia menjadi satu-satunya yang masih bersih. Dalam arti belum kalah, imbang, ataupun kebobolan.  Lain halnya dengan Kamboja. Mereka menang sekali dari Timor Lester dan imbang 1-1 lawan Filipina.

Meski begitu, Pelatih Indra Sjafri belum berpuas diri. Sebab, dari dua pertandingan sebelumnya, ia melihat masih banyak catatan yang harus dibenahi. Apalagi target mereka besar yaitu mengakhiri paceklik gelar selama 32 tahun.

“Masih banyak kesalahan di grup taktik dan individual dalam memutuskan apa yang terbaik harus pemain lakukan. Banyak kesalahan harus kami perbaiki di laga lawan Timor Leste nanti. Kami jelas ingin kualitas permainan timnas semakin baik,” kata Indra Sjafri.

Selain itu kemenangan atas Timor Leste akan sangat berharga. Dengan begitu, Garuda Nusantara akan langsung lolos dari fase grup. Kemudian pada laga terakhir melawan Kamboja pada Rabu, 10 Mei 2023 mendatang akan menjadi penentuan juara grup. (*)

Head to Head Indonesia vs Timor Leste di SEA Games

SEA Games 2013
Indonesia vs Timor Leste: 0-0

SEA Games 2017
Indonesia vs Timor Leste: 1-0 

SEA Games 2021
Indonesia vs Timor Leste: 4-1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: