SEA Games 2023: Indonesia Sudah 13 Emas, Pencak Silat Sumbang 2 Emas

SEA Games 2023: Indonesia Sudah 13 Emas, Pencak Silat Sumbang 2 Emas

Karateka Indonesia Sandi Firmansyah merebut emas di nomor kumite -84kg dalam SEA Games 2023 di Kamboja-ANTARA-

HARIAN DISWAY - Sandi Firmansyah memberikan medali emas kedua dalam cabang olahraga karate nomor kumite -84kg. Ini Sekaligus emas kesebelas untuk Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 di Kamboja pada Minggu, 7 Mei 2023. Selain Sandi, Indonesia juga menambah dua emas dari cabang olahraga pencak silat.

Dalam pertarungan yang berlangsung di Hall A Chroy Changvar Convention Center pada Minggu siang itu, Sandi berhasil mengalahkan pesilat asal Filipina Ivan Christopher Chanco Agustin. Ini adalah emas perdana Sandi di level SEA Games. Meski ia sebenarnya sudah berpartisipasi sejak SEA Games 2017 di Malaysia.

"Emas ini sangat penting buat saya. Ini adalah SEA Games keempat yang saya ikuti dan baru kali ini saya menang emas," ungkap Sandi dilansir Antara.

Sandi mendapatkan dua perunggu di SEA Games 2017 di kumite -75 kg dan kumite beregu. Lalu meraih perunggu di SEA Games 2019 di Filipina di kumite -75 kg. Serta meraih satu perak di nomor kumite beregu di SEA Games 2021 di Vietnam pada tahun lalu. "Tahun ini Alhamdulillah pecah telur mendapatkan emas," katanya.

Dua medali emas diperoleh tim pencak silat Indonesia di SEA Games 2023. Emas ke-12 Indonesia diraih Puspa Arum Sari di nomor women's artistic tunggal. Puspa mengalahkan petarung Malaysia Nur Syafiqah Hamzah. Sebelumnya Puspa juga mendapatkan emas di SEA Games 2017 lalu.

Sedangkan emas ke-13 untuk Indonesia dipersembahkan Anggri Faisal Mubarok, Asep Yuldan Sani, dan Rano Slamet Nugraha dari nomor men's artistic regu. Mereka menjadi yang terbaik setelah mengungguli Abdulkarim Koolee, Salwa Cheha, dan Sobri Cheni dari Thailand.

Sementara itu, kontingen Indonesia total mengirimkan 599 atlet di SEA Games 2023 di Kamboja. Mereka berpartisipasi di 31 cabang olahraga. Tim Merah Putih ditarget 60 medali emas dan finis tiga besar di multiajang terbesar di Asia Tenggara itu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: