Jumpa Kamboja, Timnas U-22 Mengejar Hasil Sempurna

Jumpa Kamboja, Timnas U-22 Mengejar Hasil Sempurna

Timnas U-22 belum terkalahkan dalam babak grup di SEA Games 2023-PSSI-

HARIAN DISWAY - Tiket semifinal SEA Games 2023 sudah dalam genggaman. Kini tim nasional U-22 Indonesia hanya memerlukan satu langkah pemungkas untuk menutup fase grup, yaitu dengan mempertahankan kesempurnaan.

Laga terakhir mempertemukan Garuda Nusantara dengan Kamboja pada Rabu, 10 Mei, di National Olympic Stadium di Phnom Penh pada pukul 19.00 WIB.

Itu merupakan pertandingan yang krusial. Bagi Indonesia, itu akan menentukan posisi mereka di grup A. Sedangkan bagi Kamboja, itu akan menentukan kelolosan mereka ke semifinal. Untuk bisa lolos, Kamboja harus bisa mengalahkan Indonesia. Sebab, kini mereka berada di peringkat ketiga grup.

Hal tersebut terjadi lantaran Kamboja takluk dua gol tanpa balas dari Myanmar pada Minggu, 7 Mei 2023. Syarat Kamboja untuk lolos juga makin berat.

Di sisi lain, mereka juga ”berharap” agar Myanmar kalah oleh Filipina. Sebaliknya, jika Myanmar menang, Indonesia akan melenggang sebagai juara grup terlepas apa pun hasil pertandingan dengan Kamboja.

Pelatih Indra Sjafri mengatakan sudah menyiapkan game plan untuk menghadapi Kamboja. Itu juga menjadi pertandingan pertama Indonesia di malam hari. Pada tiga laga sebelumnya, Indonesia selalu bermain pukul 16.00 WIB.

"Saya melihat anak-anak dalam motivasi yang tinggi. Itulah yang kami harapkan. Makin ke ujung, masuk ke babak semifinal dan final, kami harapkan di situlah puncak (performa) pemain-pemain kita," ujar Indra Sjafri.

Indonesia juga masih memegang rekor sempurna dalam SEA Games 2023. Mereka menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan dan masih clean sheet.

Juga, menjadi tim yang paling produktif. Dari tiga pertandingan, Rizky Ridho dkk melesakkan 11 gol. Fajar Fathur Rahman juga tercatat sebagai top skor sementara dengan empat gol.

Rekor itu memiliki peluang untuk diperpanjang lagi. Dari catatan pertemuan selama SEA Games, Indonesia tidak pernah kalah dalam tujuh pertemuan. Bahkan, ada tiga kemenangan telak, Total ada 29 gol yang bersarang ke gawang Kamboja sejak 1995.

"Ada beberapa rotasi. Tetapi, lihat besok (hari ini, Red). Pasti ada perubahan dan cara bermain akan coba modifikasi karena kami bawa hanya 20 pemain. Tentu ada penyesuaian formasi," terang eks pelatih Bali United ini. (*)

Head-to-Head Kamboja vs Indonesia di SEA Games

SEA Games 1995
Indonesia 10-0 Kamboja

SEA Games 1999
Indonesia 1-0 Kamboja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: