Tim Tenis Putri Indonesia Akhiri Paceklik Emas Setelah 18 Tahun

Tim Tenis Putri Indonesia Akhiri Paceklik Emas Setelah 18 Tahun

Tim tenis putri Indonesia meraih emas SEA Games pertama setelah 18 tahun -Komite Olimpiade Indonesia-

Hampir dua dekade kita tidak melihat tim tenis putri Indonesia mencapai podium tertinggi SEA Games. Penantian itu akhirnya berakhir pada Selasa (9/5) di Tennis Arena, Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh. Untuk pertama kalinya setelah 18 tahun, Aldila Sutjiadi dkk menuntaskan dahaga.

 

Pada pertandingan final melawan juara bertahan Thailand, duet Aldila Sutjiadi/Jessy Rompies berhasil unggul 6-3, 7-5 dari Luksika Kumkhum/Peangtarn Plipuech. Sebelumnya Indonesia tertinggal lebih dulu saat Adlilla kalah 6-7(6), 6-3 dari Aunchisa Chanta. Priska Madelyn Nugroho menyelamatkan Indonesia di partai  kedua. Juara Australia Open Junior 2019 itu mengalahkan Lanlana Tararudee melalui rubber set 3-6, 6-3, 6-3.

 

Ini menjadi emas pertama bagi tim putri Indonesia sejak SEA Games 2005 Filipina. Kala itu tim putri yang beranggotakan dari Wynne Prakusya, Romana Tedjakusuma, Ayu Fani Damayanti, dan Septi Mende berhasil mengibarkan Merah Putih di puncak tertinggi.

 

Capaian emas SEA Games 2023 ini juga tidak lepas dari peran Wynne. Ia memang sudah gantung raket sejak 2007. Tetapi kali ini Wynne kembali sebagai non-playing captain.

 

“Mendapatkan emas rasanya bangga banget. Apalagi tim putri sudah lama tidak meraih emas. Yang jelas kemenangan ini buat Indonesia,” kata Jessy dilansir melalui Antara.

 

Cabor tenis sempat ditiadakan pada ada SEA Games 2013 Myanmar. Kemudian nomor beregu tidak dipertandingkan pada SEA Games 2017 dan 2019. Nomor beregu kemudian dipertandingkan lagi pada SEA Games 2019 Filipina

 

Kemudian pada SEA Games 2021 Vietnam, tim putri Indonesia harus puas meraih perunggu. Baik dari nomor beregu maupun ganda putri. Satu-satunya emas saat itu disumbangkan oleh Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi pada nomor ganda campuran.

 

“Saya berterima kasih pada teman-teman tim putri, tim putra, dan pendamping yang terus mendukung kami hingga saat ini. Dukungan mereka sangat berharga buat kami. Yang jelas saya senang dengan hasil ini,” imbuh Aldila.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: